Presiden Direktur Pertamina Foundation Kembali Raih Penghargaan Best CEO 2022, Ini Pencapaiannya 

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 April 2022 - 13:07 WIB

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari
Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari kembali meraih penghargaan Best CEO 2022 Employee’s Choice kategori Corporate Foundation dari The Iconomics yang digelar di Jakarta, Rabu (20/4/2022). Penghargaan ini sudah diraih olehnya sebanyak tiga kali berturut-turut.  
 
Founder & CEO The Iconomics Bram S Putro, menyampaikan penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi terhadap upaya CEO dalam situasi umum maupun khusus, seperti krisis pandemi Covid-19 yang dialami saat ini. 
 
“50 Indonesia Best CEO 2022 yang terpilih merupakan sosok pemimpin yang hebat. Mereka mampu memanfaatkan sumber daya yang ada, punya agility, creativity, dan endurance dalam bekerja. Mereka adalah sosok yang tidak mudah menyerah serta bertindak sebagai sumber inspirasi dan kekuatan organisasi,” ujar Bram. 
 
Dilansir dari The Iconomics, terdapat 4 parameter yang menjadi indikator penilaian kepada para CEO. Parameter tersebut meliputi Popularity, Competency, Crisis Leadership dan Personality. Parameter ini melihat tingkat popularitas atau keterkenalan dari CEO/direktur utama/presiden direktur; kompetensi, pemahaman terhadap masalah, strategi dan visi dari CEO/direktur utama/presiden direktur; kemampuan mengelola saat menghadapi krisis, termasuk krisis kesehatan Covid-19; serta melihat sisi pribadinya dengan nilai-nilai positif yang berlaku umum di masyarakat seperti kejujuran, kepedulian, dan tanggung jawab. 
 
"Award ini saya persembahkan buat Perwira Pertamina Foundation yang luar biasa, mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran selama pandemi covid. Program 5E, Energy (PFsains), Environment (PFmuda), Education (PFmuda dan PFprestasi), Empowerment (PFmuda, PFpreneur dan PFbangkit), serta Equality (PFpreneur dan PFbangkit) yang didedikasikan buat masyarakat marginal dan korban Covid 19," ujar Agus. 
 
PFseries bukanlah satu-satunya fokus Pertamina Foundation dalam memberikan kontribusi positif bagi sosial dan lingkungan serta masyarakat secara luas. Tahun 2022 ini Pertamina Foundation meluncurkan Blue Carbon Initiative.  
 
Blue Carbon Initiative dimulai dari penanaman pohon daratan di hutan Bontang dan Blora, diikuti dengan rehabilitasi serta sertifikasi mangrove Delta Mahakam. Kemudian, berlanjut ke wilayah Indonesia timur lewat Cendrawasih Kwatisore dan Lembata Project. Proyek Kwatisore dan Lembata menjadi pendorong dalam penyelamatan ikan paus melalui program biodiversity dan rehabilitasi terhadap ekosistem mangrove serta lamun sebagai habitat utama ikan paus. 
 
"Tahun 2022 perubahan iklim menjadi salah satu fokus utama Pertamina dalam menjalankan kegiatan usahanya kedepan. Melalui Direktur Utama Ibu Nicke Widyawati yang menjadi ketua Task Force B20, adalah salah satu bentuk komitmen Pertamina dalam menghadapi perubahan iklim. Pertamina telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa dalam konteks untuk ESG dan tentu saja inisiasi-inisiasi terkait dengan zero emission yang menjadi target Pemerintah Indonesia," tutup Agus. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…