Kawasan Industri di KEK Dinilai Miliki Potensi yang Sangat Baik, Ini Alasannya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 April 2022 - 10:40 WIB

KEK Kendal
KEK Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Layanan profesional terdiversifikasi terdepan dan firma manajemen investasi Colliers (CIGI) mengeluarkan Market Insights mengenai Potensi Pengembangan Kawasan Industri di Kawasan Ekonomi Khusus.

Rivan Munansa, Head of Industrial & Logistics Services Colliers Indonesia menyebutkan bahwa Kawasan industri saat ini berpusat di pulau Jawa, terutama di bagian barat.

"Investasi di Jawa tampaknya memiliki potensi besar dan KEK berada di berbagai provinsi untuk mendorong pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan iklim investasi Indonesia. Kegiatan bisnis seperti produksi dan manajemen, serta logistik dan distribusi, termasuk di antara yang berlokasi di KEK," kata Rivan yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (22/4/2022)

Beberapa alasan KEK memiliki potensi yang baik, seperti Insentif bagi investor. Adanya insentif yang diberikan oleh pemerintah bagi investor adalah keuntungan. Insentif yang diberikan menarik, bertujuan untuk mendorong dan menciptakan iklim investasi yang menguntungkan, terutama bagi investor asing.

Masalah lisensi adalah salah satu tantangan yang sering dihadapi banyak investor. Namun, di KEK, kemudahan lisensi adalah salah satu insentif utama, dan telah menjadi prioritas pemerintah.

Peluang investasi untuk penyewa dan investor juga menjadi alasan mengapa KEK memiliki potensi yang baik. KEK, yang saat ini beroperasi atau sedang dibangun, melibatkan berbagai kegiatan bisnis, mulai dari industri berat hingga ringan.

Karena konsep KEK geo-strategis, kawasan industri di area KEK memiliki akses ke pasar global yang lebih luas dan pelabuhan dan bandara diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan memastikan distribusi yang lebih luas untuk industri.

Hingga tahun 2022, berdasarkan data Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Republik Indonesia, terdapat 18 KEK di Indonesia. Lokasi KEK yang tampaknya menawarkan peluang investasi terbaik untuk kawasan industri adalah sebagai berikut:

Untuk otomotif, logam, industri, KEK yang terletak di pulau Jawa masih menjadi lokasi yang paling disukai.

Selain itu, KEK yang melibatkan kegiatan seperti energi, petrokimia dan kimia biasanya terletak di pulau Sumatera dan Jawa.

 Untuk kegiatan usaha seperti logistik, ini banyak ditemukan di KEK di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua.

Apakah keuntungan KEK masih cukup menarik?

Tampaknya beberapa kawasan industri swasta mulai mengajukan permohonan untuk menjadi KEK. Pemerintah daerah juga melihat potensi besar dengan menawarkan peluang bagi investor untuk mengelola kawasan industri di daerah mereka.

Insentif yang ditawarkan, proses lisensi yang lebih mudah, pajak yang lebih transparan, perencanaan dan manajemen tata ruang yang terkoordinasi dengan baik, serta dukungan infrastruktur terintegrasi, diharapkan dapat menciptakan potensi dan nilai yang lebih tinggi untuk kawasan industri di KEK.

Jika kegiatan usaha yang dilakukan masuk dalam kriteria KEK yang dituju, maka peluang untuk melakukan strategi bisnis dan distribusi produk, terutama jika kegiatan tersebut terkait dengan ekspor dan impor, baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…