Ada 16 Event Unggulan, Menparekraf Luncurkan Calender of Event Danau Toba 2022

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 April 2022 - 12:45 WIB

Industri Kreatif di Sumatera Utara (Foto: Kemenparekraf)
Industri Kreatif di Sumatera Utara (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk mempromosikan destinasi super prioritas yang ada di Provinsi Sumatra Utara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Calender of Event (CoE) Danau Toba 2022 dengan 16 event unggulan.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, Kemenparekraf melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba telah menetapkan 16 event yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten dan komunitas sekawasan Danau Toba, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara untuk menjadi Calender of Event Danau Toba 2022.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak yang besar untuk kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba, agar kesejahteraan masyarakat di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba dapat meningkat,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menparekraf juga mengajak semua elemen masyarakat dan stakeholder kepariwisataan di Danau Toba untuk berkolaborasi aktif menggarap semua potensi lapangan usaha dalam mendukung kegiatan.

“Sejalan dengan ini saya berharap akan dilakukan langkah-langkah strategis untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dibuka secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan menambahkan, dari 16 event tersebut, terdapat 3 event dari Kharisma Event Nusantara (KEN), 10 event regional dan nasional, serta 6 event berpotensi skala internasional.

Dari event-event tersebut terdapat kolaborasi event dari 8 kabupaten di Kawasan Danau Toba, 5 event budaya, 4 event sport tourism, 3 event musik, 2 exhibition, dan 2 event MICE. 

“Kami juga bersyukur bahwa lima event dari Provinsi Sumatera Utara dapat masuk dalam 110 kalender Kharisma Event Nusantara, dengan tiga event diantaranya dari Kawasan Danau Toba, yaitu Festival Bunga dan Buah serta Karo Music Camp di Kabupaten Karo serta Toba Caldera World Music Festival di Kabupaten Toba," jelasnya.

"Hal ini akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang akan berlibur di Danau Toba. Tujuan memperbanyak event di Danau Toba diharapkan untuk menciptakan lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi di Kawasan Danau Toba," pungkas Jimmy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.