BSI - KNEKS, MUI dan Laznas BSMU Gelar Peluncuran Buku Kultum Ekonomi Syariah

Oleh : Wiyanto | Senin, 18 April 2022 - 23:13 WIB

(dari kiri kanan) Wakil Direktur Utama 2 BSI , Abdullah Firman Wibowo; Direktur Ekosistem Infrastruktur Ekosistem Syariah, KNEKS, Sutan Emir Hidayat; Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro; Ketua Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) MUI, Endang Soetari dalam peluncuran Buku Kultum Ekonomi Syariah Series 4
(dari kiri kanan) Wakil Direktur Utama 2 BSI , Abdullah Firman Wibowo; Direktur Ekosistem Infrastruktur Ekosistem Syariah, KNEKS, Sutan Emir Hidayat; Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro; Ketua Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) MUI, Endang Soetari dalam peluncuran Buku Kultum Ekonomi Syariah Series 4

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Laznas BSMU berkolaborasi dalam peluncuran Buku Kultum Ekonomi Syariah Series 4.

Peluncuran buku ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah sebagai energi baru pembangunan ekonomi Indonesia.

Ketua Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) MUI, Endang Soetari; Direktur Ekosistem Infrastruktur Ekosistem Syariah, KNEKS, Sutan Emir Hidayat; Wakil Direktur Utama 2 BSI , Abdullah Firman Wibowo; Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro; dan Dai Muda Ekonomi Syariah Program LIKES.

Wakil Direktur Utama 2 BSI, Abdullah Firman Wibowo berharap Buku Kumpulan Kultum Ekonomi Syariah Seri 4 ini dapat menambah khazanah ajaran Ekonomi Syariah Indonesia dan menjadi referensi bagi para penceramah serta mendukung Alim Ulama Ekonomi Syariah di Indonesia.

“Semoga Buku Kumpulan Kultum Ekonomi Syariah ini dapat memberi manfaat tidak hanya untuk perbankan Syariah, tapi juga untuk pengembangan Ekonomi Syariah negeri,” kata Abdullah Firman.

Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro berharap buku kultum ekonomi syariah bisa menjadi solusi bagi permasalahan umat dan menjadi referensi bagi para da’i di Indonesia dalam mensyiarkan dakwah. “Buku yang terdiri dari 20 tulisan Da’i LIKES diharapkan mampu membawa angin segar bagi masyarakat di Indonesia,” kata Sukoriyanto.

Ketua Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) MUI, Endang Soetari menyampaikan materi yang ada di Buku Kumpulan Kultum Ekonomi Syariah Seri 4 ini ditulis oleh ekspert dalam narasi yang komperhensif. “Sehingga mudah dipahami, dan kontennya bisa digunakan sebagai rujukan da’i dan penggiat ekonomi dan keuangan syariah,” kata Endang Soetari.

Direktur Ekosistem Infrastruktur Ekosistem Syariah, KNEKS, Sutan Emir Hidayat mengucapkan terima kasih kepada BSI, Yayasan BSMU dan MUI yang telah berkontribusi di buku ini. “Buku ini merupakan salah satu upaya bersama untuk meningkatkan literasi pengembangan ekonomi syairah dengan bahasa yang relative mudah dipahami,” kata Sutan. Buku ini diharapkan bisa menjadi referensi dakwah, da’i, tokoh agama, praktisi, penggiat ekonomi syariah dalam menyiarkan keuangan syariah. Buku ini juga diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas dan untuk kemajuan Indonesia.

Sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual, BSI juga terus memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan menunaikan kewajibannya dalam berzakat melalui layanan BSI Mobile. Dengan layanan ini, masyarakat dapat menunaikan zakatnya dimanapun dan kapanpun.

Alhamdulillah, dari kinerja tahun buku 2021, BSI telah menunaikan zakat sebesar Rp122,5 miliar kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Dari total pembayaran zakat senilai lebih dari Rp122,5 miliar itu, sebesar Rp101,5 miliar diantaranya merupakan zakat yang dikeluarkan dari laba perusahaan. Sementara lebih dari Rp21 miliar lainnya merupakan zakat non perusahaan.

Untuk mengoptimalkan dan mengambil peran di perkembangan industri halal di Indonesia, Laznas BSMU mempunyai program Literasi Keuangan dan Ekonomi Syariah (LIKES).

LIKES diharapkan dapat meningkatkan edukasi masyarakat serta indeks literasi dan inklusi ekonomi syariah Indonesia. Program ini juga bertujuan untuk mempersiapkan SDM Da’i yang memiliki pemahaman mengenai keuangan islam, yang sesuai dengan kebutuhan industri syariah dan keahlian digital. Selain itu, program ini juga diharapkan bisa membangun kesadaran kewajiban ibadah sosial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.