6 Menit Langsung Matang, Ini Dia Vending Machine Burger Pertama di Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 April 2022 - 19:00 WIB

RoboBurger, Vending Machine Pertama di Dunia yang Menjual Burger (Foto: theroboburger.com)
RoboBurger, Vending Machine Pertama di Dunia yang Menjual Burger (Foto: theroboburger.com)

INDUSTRY.co.id - Perkembangan teknologi sudah merambah ke dunia kuliner. Ya, beberapa mesin sedang diciptakan dan digunakan di restoran di beberapa negara guna mengurangi kontak fisik dengan pelanggan. 

Kali ini, sebuah mesin penjual otomatis atau vending machine yang menjual burger hadir di New Jersey, Amerika Serikat. Mesin ini diklaim menjadi pertama yang ada di dunia. Bernama RoboBurger. 

Didirikan pada tahun 2019 oleh Audley, Dan dan Andy, RoboBurger bertujuan untuk mengubah cara kita mendapatkan dan makan burger.

Mengutip dari laman Indianexpress, menurut perusahaan, mesin penjual otomatis ini akan segera dibuka di berbagai bandara, mal, perguruan tinggi, kantor, pabrik dan pangkalan militer di seluruh negeri.

Digambarkan sebagai "inovasi terbesar dalam penjual makanan cepat saji sejak penemuan microwave" menurut situs webnya, pada dasarnya ini adalah mesin otomatis penjual burger yang memberikan burger dipanggang dalam enam menit tanpa bantuan manusia. 

Mekanisme robot ini menggunakan proses lima langkah yang mirip dengan restoran, yaitu memanggang roti, memanggang patty, mengeluarkan bumbu yang dipilih, dan menyusun semua bahan menjadi satu saat akan disajikan dalam waktu enam menit. Burger yang disiapkan oleh mesin penjual otomatis ini dibandrol dengan harga USD 6,99 atau sekitar Rp 100 ribuan.

Untuk memesan, pelanggan hanya dengan menyentuh layar lalu memilih burger yang merka inginkan, kemudian memilihsaus tomat, mustard, dan keju.

"Mesin ini berukuran 12 kaki persegi, dihubungkan ke soket dinding tradisional, memiliki lemari es, griddle otomatis dan sistem pembersihan," kata siaran pers.

Selanjutnya, mesin ini dapat menampung hingga 50 roti burger beku dan memasak setiap burger, satu per satu. Daging dan roti beku dikemas di dalam mesin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…