Kulineran Bersama Keluarga Jadi Aktivitas Favorit saat Mudik Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 15 April 2022 - 11:15 WIB

Kuliner Indonesia (Ist)
Kuliner Indonesia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pegipegi mengadakan survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang dilakukan pada tanggal 18 - 30 Maret 2022 kepada lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, diketahui sebanyak 80 persen responden akan melakukan mudik pada tahun ini.

Menurut hasil survei tersebut, hanya ada sebanyak 25 persen orang yang mudik pada tahun lalu. Namun pada tahun ini, ada sebanyak 80 persen dari mereka yang memilih akan mudik. 

Kemudian, untuk kota tujuan terdapat 10 kota tujuan mudik favorit tahun ini diantaranya adalah, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Purwokerto, Palembang, Medan, dan Malang. 

"Hasilnya sama seperti tahun kemarin, Jogja tetap ada di nomor satu. Yang masuk 10 Besar juga hampir semua sama dengan hasil survei di tahun 2021. Bedanya tahun ini ada Palembang yang menggantikan Jabodetabek di 10 Besar," ujar Ryan Kartawidjaja, VP of Commercial & Marketing Pegipegi dalam acara Kampanye Pegipegi Lagi, secara virtual, Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Selanjutnya, survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 35 persen responden memilih pesawat sebagai transportasi mudik, disusul oleh 35 persen lainnya yang memilih mobil pribadi. Selain itu, kereta api, bus dan travel juga menjadi alternatif transportasi mudik favorit yang dipilih oleh masyarakat.

Lebih lanjut, survei menunjukkan hari keberangkatan sebanyak 41 persen orang memilih untuk berangkat mudik pada H-3 Lebaran, yang mana 35 persen dari mereka akan mudik menggunakan pesawat. Sedangkan 19 persen responden memilih mudik pada H-7 lebaran. Disusul sebanyak 14 persen akan mudik pada H-1 Lebaran. 

Sedangkan untuk arus balik, 37 persen orang memilih untuk kembali pada H+7 lebaran, dan sebanyak 27 persen memilih H+3 Lebaran. 

Dari survei preferensi mudik Lebaran 2022, Pegipegi juga berhasil mendapatkan aktivitas favorit yang akan dilakukan ketika mudik Lebaran. Aktivitas favorit masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga 52 persen, menjelajah wisata destinasi terdekat 27 persen, dan staycation dalam kota 11 persen. 

"Hal ini menunjukkan bahwa akan ada aktivitas traveling dan staycation yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada periode libur Lebaran 2022," pungkasnya.

Maka dari itu, untuk semakin memenuhi kebutuhan traveling masyarakat Indonesia, pada momen Ramadan ini Pegipegi meluncurkan kampanye bernama Pegipegi Lagi.

Kampanye ini bertujuan untuk mendorong dan memfasilitasi setiap orang untuk bisa kembali merayakan kebebasan dengan kembali traveling dengan mudah sehingga memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman baru pasca pandemi. 

Dalam program Pegipegi Lagi, Pegipegi menghadirkan rangkaian program menarik yang bisa dimanfaatkan oleh setiap masyarakat Indonesia salah satunya adalah Festival Hilir Mudik yang akan menghadirkan beragam diskon menarik untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, bus dan travel hingga hotel dengan diskon hingga 70 persen. Festival Hilir Mudik akan berlangsung pada tanggal 18 April - 6 Mei 2022, melalui aplikasi Pegipegi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…