Presiden Jokowi Kunjungi Kawasan Cagar Budaya MuaraJambi, Ini Harapan Pemerhati Budaya

Oleh : Ridwan | Jumat, 08 April 2022 - 14:30 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Candi Kedaton
Presiden Jokowi Tinjau Candi Kedaton

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Cagar Budaya Candi MuaraJambi pada 7 April 2022.

Kawasan yang terbentang seluas 3,981 Ha merupakan salah satu situs percandian terbesar dengan 115 Candi.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro serta Pemerhati Budaya MuaraJambi Wusnu Soehardjo.

"Akhirnya Presiden datang ke Candi MuaraJambi sesuai janji beliau dua tahun lalu kepada saya," kata Wisnu Soehardjo kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (8/4).

Presiden Jokowi pun tampak sangat tertarik pada paparan sejarah, situasi terkini dan rencana kedepan Candi MuaraJambi yang disanpaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid.

Dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan rencana akan dibangunnya Kampus Merdeka Belajar di lokasi berdekatan dengan situs Candi oleh Arsitek Yori Antar.

Pembangunan Kampus Merdeka Belajar merupakan ide yang cemerlang, dimana lokasinya  berdekatan dengan Pusat Pendidikan Internasional terbesar masa lalu, Muara Jambi yang menghasilkan tokoh-tokoh dunia seperti Atisha.

"Bangsa Indonesia tentu berharap kampus yang baru bisa menjadi Pusat Pendidikan berkualitas dunia seperti pendahulunya," tambah Wisnu.

Setelah mendengarkan paparan, Presiden Jokowi masuk ke Candi Kedaton salah satu dari 115 Candi di Kawasan Candi MuaraJambi. Tampak Jokowi sangat terkesan melihat Candi yang sangat indah dan mempunyai sejarah yang kaya.

Presiden dan Ibu Negara juga menyempatkan diri membasuh tangan dengan air dari sumur abadi yang ada di candi.

"Semoga pengembangan Kawasan MuaraJambi membawa dampak yang besar bagi masyarakat Muaro Jambi," sebut Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro.

Walaupun pemerintah pusat sudah menaruh perhatian besar pada candi dan pengembangannya, namun permasalahan masih tersisa.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam lawatannya ke Candi beberapa waktu lalu sudah sepakat dengan Gubernur Jambi Al Haris untuk mensterlikan wilayah Kawasan Cagar Budaya MuaraJambi dari Stockpile Batubara dan Industri namun implementasinya tidak mudah.

"Besar Harapan dengan perhatian Pemerintah Pusat, kerja sama yang selama ini sudah terjalin antara pemerintah, masyarakat, komunitas dan swasta dapat lebih erat lagi. Dan dalam pengembangan kawasan candi tetap mengedepankan preservasi nilai-nilai budaya benda dan tak benda lokal dalam perwilayahan yang hijau dan sustainable," tutup Wisnu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…