Kementan Pastikan Pasokan Daging Sapi, Ayam dan Telur di Bandung Aman

Oleh : Wiyanto | Selasa, 05 April 2022 - 07:13 WIB

Penjual Daging Sapi di Pasar Tradisional
Penjual Daging Sapi di Pasar Tradisional

INDUSTRY.co.id-Bandung-Kementerian Pertanian terus memastikan pasokan pangan asal ternak, terutama daging sapi, ayam dan telur di beberapa wilayah di seluruh Indonesia di bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri tahun ini aman dan tercukupi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Sekretaris Ditjen PKH), Makmun melalui siaran pers tertulisnya hari ini Senin (05/04).

Setelah sebelumnya dilakukan pemantauan di beberapa pasar dan sentra-sentra peternakan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan, kali ini Kementerin Pertanian melakukan pemantauan ke Jawa Barat.

Pemantauan dilaksanakan bersama dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Peternakan Provinsi Jawa Barat ke Pasar Induk Caringin yang merupakan salah satu pasar terbesar di kota Bandung, Jawa Barat.

Makmun mengatakan, peninjauan ini untuk mengetahui jumlah pasokan daging sapi, ayam dan harga telur aman dan tercukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan dan lebaran tahun ini.

"Kami ingin mengetahui langsung bagaimana kondisi pasokan daging sapi, ayam dan telur di pasaran. Jangan sampai kebutuhan tersebut saat ini masih ada barangnya, ternyata ketika Ramadan dan lebaran kekurangan. Kami tentu tidak mau itu terjadi," ujar Makmun.

“Pemantauan Ini merupakan arahan dari Bapak Menteri Pertanian untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat tercukupi, sehingga hari ini ada tim yang ditugaskan untuk melakukan pemantauan ketersediaan daging sapi, ayam dan telur ke sentra peternakan dan pasar di Jawa Barat,” ungkap Makmun.

Dari pantauan di lapangan, dapat dilaporkan bahwa kondisi pasokan pangan aman hingga lebaran Idul Fitri 1443 H di tahun ini. Karena itu, untuk antisipasi keterbatasan stok, maka pemerintah berupaya memastikan ketersediaan pangan asal ternak tersebut harus tetap tersedia.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar pada minggu ke-5 bulan Maret, ketersediaan daging sapi di Kota Bandung ada sebanyak 163 kg dan untuk ketersediaan secara keseluruhan di Jawa Barat ada sebanyak 2.544 kg dengan kebutuhan sebanyak 2.403 kg, sehingga masih ada surplus.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Mohamad Arifin mengatakan, pihaknya memprediksi kenaikan harga untuk pangan asal ternak tidak sampai melambung.

Menurutnya, berdasarkan hasil peninjauan di Pasar Induk ini dapat dipastikan stock aman dan tersedia sampai lebaran, dari mulai pedagang yang sudah memiliki langganan distributor hingga daging ayam dan telur yang selalu dikirim ke kios dengan pasti.

Sementara itu, Hajah Saridewi yang merupakan salah satu pedagang daging sapi di Pasar Induk Caringin menuturkan bahwa stok daging sapi sampai idul fitri aman dan cukup. "Saat ini kami masih memiliki stok sapi siap potong sebanyak 500 ekor yang akan dipotong setiap hari sampai idul fitri dan dijual pada kios daging kami,” pungkasnya menerangkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…