Aleix Espargaró Berhasil Rebut Pole Position Pertama Bagi Tim Aprilia Racing di MotoGP Argentina

Oleh : Hariyanto | Senin, 04 April 2022 - 12:42 WIB

Aleix Espargaró
Aleix Espargaró

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Aleix Espargaró berhasil meraih pole position pertama bagi tim Aprilia Racing di MotoGP dengan penampilan memukau yang bersejarah bagi Aprilia Racing Team di International Autodromo Termas de Rio Hondo, sirkuit tempat Grand Prix Argentina berlangsung.

"Kata yang paling tepat menggambarkan perasaan saya saat ini adalah ‘bangga’. Saya selalu mengatakan bahwa Aprilia adalah keluarga kedua saya. Ada ikatan yang erat dengan proyek ini, dan rasa terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada seluruh pihak yang bekerja secara terus menerus, di lintasan dan di Noale (pabrik utama Aprilia di Italia), untuk mewujudkan kesuksesan ini," kata Aleix Espargaro yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (4/4/2022).

"Tidak dipungkiri bahwa saya memikirkan tentang pole hari ini setelah melihat kecepatan kami selama sesi di mana saya mampu melaju dengan cepat, baik dengan ban belakang medium maupun soft. Besok? Tidak akan menjadi balapan yang mudah. Kami memiliki waktu yang sangat terbatas dari biasanya untuk mempersiapkan diri, tapi kami tetap siap," imbuhnya.

Faktanya, meskipun waktu yang dimiliki sangat terbatas, dengan sesi free practice dan kualifikasi dilaksanakan bersamaan pada hari yang sama, kedua mesin RS-GP terbukti melaju sangat cepat sejak sesi pertama, sehingga keduanya mampu memonopoli dua posisi teratas - dengan Maverick Vinales berada tepat di belakang rekan setimnya - di penghujung sesi latihan bebas untuk menentukan siapa yang akan langsung melaju ke balap kualifikasi 2 (Q2). 
 
Di sesi penentuan kualifikasi, Espargaró memberikan penampilan pertama yang luar biasa dengan catatan menit 1’38.108, dan melalui penampilan memukau ia mencatat waktu lebih singkat yaitu 1’37.688 di penghujung garis finish. Performa ini sangat dekat dengan track record (5 per seribu detik), yang dilakukan pada balap akhir pekan ke-200 dirinya di kelas teratas grand prix.

Sementara itu, hasil akhir Viñales juga luar biasa untuk menyambut sesi balapan utama. Viñales segera menemukan dirinya nyaman di atas sadel, di mana berhasil finish pada posisi ke-5 di sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1’38”196.
 
“Saya sangat bahagia untuk Aleix dan untuk Aprilia. Saya rasa ini adalah hasil yang layak didapatkan. Keseluruhan tim bekerja dengan sangat baik. Saya langsung merasa nyaman meski dengan low grip di aspal. Pada balapan esok hari, kami harus lebih fokus. Namun, saya tidak khawatir karena apapun hasil akhirnya, perkembangan kami dan langkah maju yang kami ambil sejak dari Mandalika.” kata Maverick Viñales.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…