Pertamina Mandalika Circuit Lolos Homologasi FIM Grade A, Event Hari Pertama Berjalan Lancar

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:47 WIB

Dok. MotoGP
Dok. MotoGP

INDUSTRY.co.id - Mandalika - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, bersyukur pelaksanaan event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 hari pertama Jumat (18/3/2022) di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, NTB telah berjalan baik dan tanpa kendala.

Agenda balapan yang sudah terlaksana pada kesempatan itu adalah free practice Moto 3, Moto 2, MotoGP, dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Walaupun saat pagi sempat hujan deras, namun kemudian hujan sudah berhenti dan cuaca sudah semakin cerah sehingga sesi free practice ini berjalan lancar. Kondisi lintasan sirkuit juga dalam kondisi yang baik sehingga mendukung pembalap dalam melakoni sesi free practice ini. Tercatat kecepatan tertinggi mencapai 311,2/km.

Suasana penonton juga terpantau tertib dan kondusif serta mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan baik di area penonton non seating area, grandstand, VIP hingga di area penukaran tiket. Pengaturan parkir kendaraan juga berjalan dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan penonton saat memasuki area Sirkuit.

"Dapat kami informasikan bahwa berdasarkan hasil track inspection oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA pada hari Kamis (17/3/2022), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (19/3/2022).

"Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP. Hari ini telah dilaksanakan sesi free practice, dan kami sangat bersyukur, balapan hari pertama ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Masih ada 2 hari penyelenggaraan, dan kami optimistis akan berjalan sukses," imbuhnya.

Keberhasilan lolos homologasi Grade A ini tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM. Sebelumnya, Pertamina Mandalika Circuit mendapatkan grade B pada saat penyelenggaran FIM Motul World Superbike (WSBK) tahun lalu.

Peningkatan yang telah dilakukan adalah additional protective devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, all along the track, both sides, pit lane axit, starting grid, flag marshal posts, light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone.

“Kami membawa event balap ini kembali ke Indonesia setelah penantian yang panjang. Event MotoGP ini bukan hanya milik ITDC-MGPA saja, sehingga kami didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga. Kami mengucapkan terima kasih kepada FIM, Dorna Sports, IMI serta seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam penyelenggaraan event ini. ” imbuh Abdulbar.

“Dengan semua hal yang telah kami persiapkan ini, kami berupaya mewujudkan sebuah event yang spektakuler dan menjadi kebanggaan bagi kita, bangsa Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar event balap motor internasional ini dapat berjalan lancar dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Lombok Tengah, NTB dan Indonesia,” tutup Abdulbar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…