Pertamina Mandalika Circuit Lolos Homologasi FIM Grade A, Event Hari Pertama Berjalan Lancar

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:47 WIB

Dok. MotoGP
Dok. MotoGP

INDUSTRY.co.id - Mandalika - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, bersyukur pelaksanaan event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 hari pertama Jumat (18/3/2022) di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, NTB telah berjalan baik dan tanpa kendala.

Agenda balapan yang sudah terlaksana pada kesempatan itu adalah free practice Moto 3, Moto 2, MotoGP, dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Walaupun saat pagi sempat hujan deras, namun kemudian hujan sudah berhenti dan cuaca sudah semakin cerah sehingga sesi free practice ini berjalan lancar. Kondisi lintasan sirkuit juga dalam kondisi yang baik sehingga mendukung pembalap dalam melakoni sesi free practice ini. Tercatat kecepatan tertinggi mencapai 311,2/km.

Suasana penonton juga terpantau tertib dan kondusif serta mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan baik di area penonton non seating area, grandstand, VIP hingga di area penukaran tiket. Pengaturan parkir kendaraan juga berjalan dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan penonton saat memasuki area Sirkuit.

"Dapat kami informasikan bahwa berdasarkan hasil track inspection oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA pada hari Kamis (17/3/2022), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (19/3/2022).

"Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP. Hari ini telah dilaksanakan sesi free practice, dan kami sangat bersyukur, balapan hari pertama ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Masih ada 2 hari penyelenggaraan, dan kami optimistis akan berjalan sukses," imbuhnya.

Keberhasilan lolos homologasi Grade A ini tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM. Sebelumnya, Pertamina Mandalika Circuit mendapatkan grade B pada saat penyelenggaran FIM Motul World Superbike (WSBK) tahun lalu.

Peningkatan yang telah dilakukan adalah additional protective devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, all along the track, both sides, pit lane axit, starting grid, flag marshal posts, light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone.

“Kami membawa event balap ini kembali ke Indonesia setelah penantian yang panjang. Event MotoGP ini bukan hanya milik ITDC-MGPA saja, sehingga kami didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga. Kami mengucapkan terima kasih kepada FIM, Dorna Sports, IMI serta seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam penyelenggaraan event ini. ” imbuh Abdulbar.

“Dengan semua hal yang telah kami persiapkan ini, kami berupaya mewujudkan sebuah event yang spektakuler dan menjadi kebanggaan bagi kita, bangsa Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar event balap motor internasional ini dapat berjalan lancar dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Lombok Tengah, NTB dan Indonesia,” tutup Abdulbar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Rabu, 17 April 2024 - 06:17 WIB

Buntut Protes Keras BP2MI, Pengusaha Tekstil Desak Aparat Selidiki Permainan Curang Importir

Stakeholder industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta aparat melakukan penyelidikan secara mendalam terkait protes keras yang dilakukan oleh Kepala BP2MI terhadap pemberlakuan Permendag…

APEC

Rabu, 17 April 2024 - 05:31 WIB

Bicara di Forum APEC, ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

Jakarta – Perempuan semakin memegang peranan penting dalam ekosistem pertanian dan pangan. Hal tersebut dilihat dari tumbuhnya kontribusi perempuan di tahapan rantai pasok industri pangan…

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…