Mengapa Solusi Berbasis SaaS Khusus Industri Merupakan Kunci Kesuksesan Pelaku Industri

Oleh : Tim Sowell, Portfolio Architect And Strategist, AVEVA | Selasa, 15 Maret 2022 - 08:22 WIB

Tim Sowell, portfolio architect and strategist, AVEVA
Tim Sowell, portfolio architect and strategist, AVEVA

INDUSTRY.co.id, Transformasi digital bukan sesuatu yang mudah, dan tidak terjadi dalam semalam namun menjadi kebutuhan vital bagi perusahaan setiap hari. Konvergensi cepat ,IT OT, dan IIoT menciptakan lanskap baru yang terhubung, meningkatkan proses kerja, dan meningkatkan kelincahan bisnis.

Tetapi sementara transformasi digital telah menjadi agenda selama bertahun-tahun, pada tahun 2020 ini berubah dari inisiatif lima atau sepuluh tahun menjadi keharusan dalam semalam.

Untuk tetap kompetitif di pasar yang berubah dengan cepat saat ini, perusahaan harus terlebih dahulu mendigitalkan proses manual dengan pengambilan data elektronik, kemudian mendigitalkan secara lebih holistik – mengambil data yang diambil, mengubahnya menjadi informasi yang berguna, kemudian membagikannya ke seluruh perusahaan.

Transformasi digital ini tidak hanya meminimalkan pekerjaan yang sia-sia dan meningkatkan ketahanan, tetapi juga, dengan menempatkan pelanggan di jantung bisnis, memungkinkan penciptaan nilai baru dan peluang pertumbuhan.

Tentu saja, bahwa setiap bisnis belum mencapai transformasi digitalnya karena lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Firma riset teknologi informasi Gartner melaporkan bahwa transformasi digital membutuhkan waktu dua kali lebih lama dan biaya dua kali lipat dari yang diantisipasi sebagian besar perusahaan. Sekitar 70 persen proyek transformasi digital terhenti atau gagal mencapai tujuannya.

Salah satu alasannya, terutama di lanskap industri, adalah bahwa bisnis sering kali tidak sepenuhnya memahami tujuan transformasi mereka. Ketika Anda tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda, sulit untuk melihat bagaimana Anda dapat menggunakan sistem yang ada – historis data, DCS, SCADA, dan sebagainya – untuk mencapainya.

Terlebih lagi, banyak perusahaan yang berjuang untuk berubah tidak memanfaatkan layanan pengayaan industri yang memanfaatkan kemajuan terbaru dalam AI dan pembelajaran mesin. Sebagai gantinya, mereka memilih untuk menambahkan segudang layanan di atas platform cloud yang sepenuhnya independen yang dibangun dari awal menggunakan solusi Platform as a Service (PaaS). Ini adalah proses yang memakan waktu untuk memulai dan memiliki tantangan dalam mempertahankan dan menskalakannya.

Pendekatan yang lebih berhasil adalah dengan mengandalkan solusi Software as a Service (SaaS) industri siap pakai dalam satu hub transformasi digital.

Contoh BP, misalnya. Raksasa energi Inggris itu meminta AVEVA untuk merevolusi bisnis hilir minyak dan gasnya. Dengan memanfaatkan solusi SaaS industri cloud yang lengkap, BP meningkatkan marginnya di seluruh bisnis globalnya dan memangkas waktu keputusan pembelian mentah dari dua hari menjadi kurang dari dua jam. Terlebih lagi, perusahaan mengurangi biaya kepemilikan TI dan meningkatkan kelincahan dengan memanfaatkan alur kerja yang mendukung cloud.

Lanskap industri tunggal yang terhubung

Tujuan transformasi digital adalah untuk mempercepat konvergensi teknologi dan menciptakan lanskap tunggal yang terhubung – dari edge ke cloud, di seluruh perusahaan. Konektivitas berbasis data ini memberi pekerja dan sistem informasi yang jelas dan kontekstual yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang lebih responsif dan mencapai hasil yang lebih dapat diprediksi.

Lanskap industri yang terhubung tidak hanya memungkinkan perusahaan untuk berbagi informasi kontekstual, tetapi juga menyediakan kemampuan untuk berbagi data dengan vendor, pemasok, dan pelanggan tepercaya untuk menciptakan komunitas yang terhubung.

Pada gilirannya, komunitas yang terhubung ini sekarang dapat menggabungkan keahlian domain kolektifnya untuk menghasilkan ekosistem kolaboratif yang lebih gesit, memberikan fleksibilitas dan daya tanggap yang diperlukan untuk berputar dengan cepat dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Kecepatan untuk menilai

Mungkin tantangan terbesar yang menghalangi transformasi digital adalah kecepatan: kecepatan implementasi, kecepatan adopsi, dan kecepatan nilai.

Dengan memanfaatkan solusi SaaS industri khusus, dimungkinkan untuk mengoptimalkan teknik, operasi, dan kinerja melalui kolaborasi tanpa batas dalam satu hub cloud. Ini berarti bahwa selain semua kiriman PaaS biasa, seperti jaringan, penyimpanan, server, sistem operasi, dan waktu proses, SaaS industri juga bertanggung jawab atas integrasi dan integritas data industri, pengambilan data, penyimpanan data, aplikasi model industri, dan akses informasi. .

Dengan menggunakan solusi SaaS industri, dimungkinkan untuk mencapai kesederhanaan konfigurasi-versus-pemrograman sehingga hasil optimal dapat dicapai dengan cepat.

Memahami data industri

Solusi SaaS industri khusus memungkinkan perusahaan menggabungkan data deret waktu dengan data transaksional berurutan dari dokumen dan menciptakan konteks dan pemahaman yang lebih kaya tentang informasi aset.

Melapisi data dengan kecerdasan buatan industri, machine learning, dan analitik memungkinkan pelaku industry mengubah data menjadi informasi. Baik tujuannya adalah kinerja aset, analisis proses, atau pengoptimalan rantai nilai, SaaS khusus industry khusus dapat membantu perusahaan industri mewujudkan tujuan operasional mereka – dengan cepat.

Rekayasa, pemodelan dan simulasi

Perusahaan juga dapat memberdayakan tim dan memangkas waktu, biaya, dan risiko rekayasa proyek modal dengan mengintegrasikan proses desain, simulasi, rekayasa, pengadaan, konstruksi, dan proses serah terima.

SaaS Industri membantu memastikan proyek dikirimkan tepat waktu, dan pabrik dapat memulai lebih cepat dan lebih aman. Dengan memanfaatkan teknologi baru, dimungkinkan untuk memecah silo antara proses, mekanik, dan disiplin teknik lainnya untuk memungkinkan kolaborasi tim global yang mulus.

Akses ke informasi berbasis cloud berarti kecepatan dan kepastian. Bisnis mendapatkan ROI yang cepat dan dapat diprediksi dengan implementasi yang cepat. Pendekatan configure-not-build berarti ada ketergantungan terbatas pada TI, sehingga organisasi dapat mengimplementasikan solusi dengan cepat—dalam hitungan hari, bukan minggu atau bulan.

Dengan cara ini, sistem akan secara otomatis berevolusi dengan pengembangan yang berkelanjutan dan mulus, membuat migrasi yang panjang dan memperbarui hal-hal di masa lalu.

Terlebih lagi, pendekatan pay-as-you-consume memberikan prediktabilitas dengan menjadi pengeluaran operasional (OpEx) daripada pengeluaran modal (CapEx), mengurangi biaya di muka dan memberikan kebebasan untuk mengalokasikan investasi sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Transformasi digital: Peluang

Transformasi digital yang sukses bukan hanya tentang pindah ke cloud, namun lebih kepada pindah ke cloud dalam arsitektur hybrid yang sesuai dengan sistem yang ada – lanskap operasional dan lingkungan TI perusahaan.

Dengan dukungan teknologi dan keahlian yang telah terbukti, organisasi dapat mencapai hasil transformasional, memanfaatkan setiap peluang, dan pada akhirnya mengubah cara mereka berpikir dan bekerja – hari ini dan di masa depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…