Traveloka Beberkan 10 Fakta Unik Perjalanan Traveloka Sebagai Lifestyle Superapp Selama Satu Dekade

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 13 Maret 2022 - 08:42 WIB

Traveloka Campus BSD City
Traveloka Campus BSD City

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Perjalanan   satu  dekade  Traveloka   dipenuhi  dengan  berbagai  pencapaian  dan   inovasi berbasis teknologi untuk  memenuhi kebutuhan perjalanan dan  gaya  hidup konsumen yang terus berkembang.

Dengan menawarkan produk dan  layanan  yang  lengkap,  Traveloka  kini telah tumbuh sebagai lifestyle superapp yang  memberikan solusi perjalanan dan  gaya  hidup tidak  hanya   bagi  konsumen  di  Indonesia,  namun juga  konsumen  di  negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Lalu, keunikan apa  saja yang  mendukung perjalanan Traveloka sejak awal hingga sekarang? Berikut 10 fakta unik transformasi Traveloka sebagai lifestyle superapp:

1.   Pengalaman pemesanan tiket pesawat jadi ide awal berdirinya Traveloka

●             Traveloka didirikan pada 29 Februari 2012 oleh Ferry Unardi (CEO & Co-Founder), dan  Albert (Co-Founder). Berawal dari pengalaman Ferry Unardi yang mengalami kesulitan  dalam  memesan tiket pesawat saat merantau di Amerika untuk  pulang ke  tanah kelahirannya di Padang, Sumatera Barat.  Kesulitan tersebut, kemudian dijadikan  peluang  untuk   memenuhi  kebutuhan  masyarakat  yang   mengalami kendala serupa.

●             Bersama  dua   temannya,  Ferry  Unardi  menyewa sebuah  apartemen di  Jakarta untuk   memulai  usaha.  Menggunakan tiga  laptop  sebagai  modal  utama,  para founders memulai perjalanan Traveloka sebagai metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat.

2.   Burung Godwit yang  menjadi inspirasi logo Traveloka

●             Pengguna  Traveloka   pasti   mengenal   logo   perusahaan  yang   identik   dengan gambar burung dilengkapi warna  putih dan  biru. Burung  yang bernama Godwit ini menjadi  inspirasi  bagi  Traveloka  karena  memiliki  kemampuan  untuk   terbang sejauh  ribuan  kilometer  tanpa berhenti  sama sekali.  Hal  ini  dilakukan  karena mereka  suka  berpetualang  atau   bermigrasi  keliling  dunia.  Karakter   ini  sesuai dengan visi Traveloka untuk terus “terbang” jauh ke seluruh dunia sehingga dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dimanapun mereka berada.

3.   Traveloka bermula dari 8 orang  hingga tumbuh  bersama ribuan karyawan

●             Pada awal berdiri, Traveloka hanya  beranggotakan delapan orang  yang terbagi ke dalam beberapa divisi, seperti keuangan, operasional, pemasaran, dan  lainnya.

●             Kini, Traveloka memiliki lebih dari 2.000  talenta-talenta terbaik dari Asia Tenggara, dan  kawasan lainnya seperti Eropa  dan  Amerika, demi mewujudkan komitmen untuk    senantiasa   menghadirkan   kontribusi   positif   di   mana  pun   Traveloka beroperasi.  Hal  ini  menjadi  fondasi  terciptanya  inovasi-inovasi  yang   diterima dengan baik oleh para   konsumen,   mitra, dan  pemangku kepentingan lainnya. Traveloka saat ini memiliki rasio karyawan pria & wanita sebesar 60:40.

 

●             Di Traveloka,  karyawan laki-laki  dan  perempuan memiliki kesempatan karir yang sama. Traveloka juga menunjukkan komitmennya untuk menjunjung tinggi keberagaman  dan    inklusivitas   dengan  menciptakan   lingkungan   kerja   yang nyaman dan  suportif bagi semua karyawan, termasuk wanita, untuk  tumbuh dan berinovasi.

4.   Hadapi situasi pandemi dengan ragam  inovasi

Berbagai inisiatif dan  inovasi yang kami lakukan selama pandemi lakukan mencakup beragam produk dan  fitur, seperti:

●             Traveloka   Eats  Delivery,  sebuah  layanan  pemesanan  dan   pengantaran makanan yang  baru  tersedia sejak November 2020.  Saat ini, kami bermitra dengan lebih dari puluhan ribu restoran di kawasan Jabodetabek, Bali dan Bandung.

●             Traveloka Clean Partners, mendorong para  mitra untuk berkomitmen dalam menerapkan protokol CHSE yang  ketat  serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi   mitra-mitra   tersebut  dengan  melekatkan   label   khusus. Hingga  saat  ini,  kami  telah  menggandeng  lebih  dari  11.000 mitra  untuk Traveloka Clean Partners.

●   Traveloka   LIVEStyle,   menghadirkan  rekomendasi  dan   tur  virtual  secara

livestream melalui aplikasi dan  media sosial resmi Traveloka.

●             Tes  COVID-19,  bekerja  sama  dengan 140+  mitra  dengan lebih  dari  850 pilihan  produk  layanan  tes  COVID-19,  baik  In-Clinic  maupun  Drive-Thru. Sekitar 600.000 tes COVID-19 telah dipesan oleh pengguna Traveloka.

●             Traveloka     PayLater     Virtual    Number,    metode   pembayaran   cicilan menggunakan  nomor   virtual untuk  pengguna  PayLater di Indonesia, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kredit PayLater di berbagai situs e-commerce.

●             Gold,  tabungan  Emas bekerja  sama dengan salah  satu perusahaan milik negara Indonesia yang  telah memiliki izin untuk melakukan transaksi jual beli emas. Ini adalah produk investasi pertama di Layanan Keuangan Traveloka, yang    bertujuan   untuk    memberikan   akses  yang    lebih   mudah  kepada masyarakat terhadap instrumen investasi serta mendorong literasi dan  inklusi keuangan sebagai bagian dari fokus pemerintah Indonesia.

●             Serta beberapa fitur  lain  seperti  Online Xperience  Tur Virtual, Buy  Now Stay Later, Pay  Upon  Check-In, Easy Reschedule, hingga layanan Order Now  untuk Traveloka Eats.

5.   Menjadi  perusahaan  startup teknologi  di  Indonesia  pertama  yang  menawarkan produk dan layanannya ke luar Indonesia

●             Berangkat  dari  pencapaian  dan   pengalaman  di  tanah air,  sejak  tahun   2015, Traveloka    menjadi    perusahaan    startup    teknologi    tanah   air   pertama  yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya ke wilayah Asia Tenggara, seperti Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia, dan  Filipina.

●             Pada 2017  lalu,  Traveloka  menyandang gelar  perusahaan Unicorn.  Menjadikan Traveloka  sebagai  technology  startup  pertama di  Indonesia  dan  Asia  Tenggara yang berhasil meraih gelar tersebut.

6.   Memiliki  lebih dari 20  produk  dan  layanan,  serta  lebih dari 40 juta monthly active users

●             Traveloka   yang    sebelumnya   dikenal   sebagai   Online   Travel   Agent  kini   telah bertransformasi  menjadi  lifestyle  superapp  di  Asia  Tenggara. Menawarkan solusi end-to-end  dengan  portofolio  komprehensif  dengan  lebih  dari  20  produk  dan layanan di bawah tiga pilar utama: Perjalanan (Travel), Local Services, dan  Layanan Keuangan (Financial Services).

●   Aplikasi Traveloka juga telah diunduh lebih dari 100 juta kali, dan  memiliki lebih dari

40   juta  pengguna  aktif  setiap  bulannya  (Januari  2022).  Menjadikan  Traveloka sebagai aplikasi pemesanan perjalanan dan  gaya  hidup paling populer di kawasan Asia Tenggara.

7.   Lebih  dari   sekadar   layanan   perjalanan,   Traveloka   hadirkan   beragam   layanan penunjang gaya  hidup konsumen

●             Memahami kebutuhan konsumen yang  tidak lagi terbatas hanya  pada transportasi dan  akomodasi,  namun juga  layanan  penunjang  lainnya  seperti  rekreasi,  kuliner, dan  layanan keuangan.

●             Sebagai  pemain  utama di  kategori  local  services,  Traveloka  hadirkan  Traveloka Xperience,   Traveloka   Eats,  dan   Traveloka   Eats  Delivery  untuk   memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan gaya  hidup.

●             Lebih  dari  itu,  Traveloka  juga  menawarkan  solusi  keuangan,  pembayaran,  dan asuransi, salah satunya skema pembayaran PayLater yang menjadi pelopor konsep Buy Now Pay Later (BNPL) di Indonesia.

8.   Traveloka tumbuh  bersama jutaan mitra di seluruh dunia

●             Traveloka telah bekerja sama dengan berbagai mitra di seluruh dunia, dengan total lebih  dari  1,8   juta  mitra  akomodasi  untuk   menyediakan  inventori  di  aplikasi Traveloka.

●             Bekerja  sama  dengan 200  maskapai  penerbangan dengan layanan  penuh (full service carrier), dan  maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier).

●   Bermitra  dengan lebih  dari  300  operator bus &  shuttle,  dan  lebih  dari  500  mitra

rental mobil dan  antar  jemput bandara di Indonesia.

●             Untuk  memberikan layanan gaya  hidup yang lengkap, Traveloka Xperience bekerja sama dengan lebih dari 111.000 inventaris.

●   Traveloka   juga   bermitra   dengan  lebih   dari   30.000  restoran  yang   tersebar  di

Indonesia.

●   Traveloka juga bermitra dengan lebih dari 250 penyedia layanan finansial.

9.   Mengedepankan  pengalaman  konsumen,  Traveloka  hadirkan   program-program ikonik

●             Pengalaman  konsumen   dalam  memenuhi  kebutuhan perjalanan  dan  gaya  hidup merupakan salah satu fokus utama Traveloka. Untuk  menghadirkan pengalaman seru, Traveloka hadirkan kegiatan pemasaran ikonik tahunan, Traveloka EPIC Sale yang diselenggarakan di Indonesia, Vietnam, dan  Singapura.

●             Menggandeng lebih dari 81.000 mitra saat Traveloka EPIC Sale 2021  di Indonesia mencatat kenaikan transaksi di bulan Oktober 2021 hingga 1,5x lipat dibandingkan bulan  Maret   2021.   Aplikasi  Traveloka  juga  dikunjungi  oleh  lebih  dari  12  juta pengguna selama periode kegiatan, memberikan dampak positif bagi ratusan ribu pekerja pariwisata.

10. Kini pengguna juga bisa main game seru di Traveloka

●             Traveloka   mengajak   pengguna  untuk   memiliki  interaksi  yang   lebih  seru  dan menyenangkan di dalam aplikasi dengan menghadirkan Reward Zone,  kumpulan casual  games yang   bisa  dimainkan  secara gratis  oleh  para   pengguna.  Sejak diluncurkan pertama kali pada pertengahan Januari 2022,  Traveloka Reward Zone telah  berkontribusi  lebih  dari 15%   terhadap pertumbuhan pengguna harian di aplikasi Traveloka.

●             Salah  satu  game multiplayer  pertama  Traveloka,  Sodaloka.  Game   ini  memiliki lebih  dari  500.000 pemain  setia  sejak  pertama diluncurkan  pada Oktober 2021. Pada   Desember   2021     terdapat    "event"   Liga    Sodaloka    yang    berhasil meningkatkan pertumbuhan pengguna harian sebesar 30%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…