Pupuk Indonesia Dukung Pengembangan Talent Perempuan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Maret 2022 - 09:00 WIB

PT Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Memperingati Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret 2022, PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen mendukung program Menteri BUMN Erick Thohir yang menargetkan representasi 15 persen kaum perempuan di jajaran manajemen perusahaan BUMN.

Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia, Tina T Kemala Intan, menyatakan bahwa bentuk dukungan perusahaan terhadap program tersebut adalah dengan melakukan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM). Dimana salah satunya adalah pengembangan talent perempuan untuk mewujudkan kesetaraan kepemimpinan.

“Kami saat ini tengah mendorong pemberdayaan dan kepemimpinan perempuan di Pupuk Indonesia grup. Hal ini kami lakukan dengan menempatkan talent perempuan terbaik pada berbagai posisi penting di perusahaan,” ujar Tina di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Lebih lanjut Tina mengungkapkan bahwa program Kementerian BUMN tersebut merupakan kesempatan bagi kaum perempuan agar dapat membangun kemampuan personal dan profesionalnya. Karena walaupun bergerak di bidang industri manufaktur yang didominasi oleh kaum pria, kaum perempuan di Pupuk Indonesia grup juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan mempelajari hal-hal baru.

Hingga saat ini, Pupuk Indonesia memiliki total karyawan tetap sebanyak 7.821 orang, baik penempatan di holding maupun pada 10 anak perusahaan. Dari jumlah tersebut sebanyak 708 orang atau 9% diantaranya adalah kaum perempuan. Adapun jumlah kepemimpinan perempuan saat ini total sebanyak 111 orang. Mereka menempati posisi setara atau sebagai Vice President (VP), Senior Vice President (SVP), hingga direksi.

Selain Tina, terdapat 3 talent perempuan yang menempati posisi strategis sebagai direksi. Diantaranya adalah Digna Jatiningsih sebagai Direktur Operasi & Produksi PT Petrokimia Gresik (PKG), Yuni Setyaningrum sebagai Direktur Keuangan & Umum PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), dan Triyani Utaminingsih sebagai Direktur Utama PT Rekayasa Industri (Rekind).

“Untuk itu kami berencana meluncurkan Srikandi Pupuk Indonesia yang masih menjadi bagian dari program Srikandi BUMN,” jelas Tina.

Setelah peluncurannya, Srikandi Pupuk Indonesia telah memiliki rencana dan berbagai program pada tiga bidang utama di sepanjang tahun 2022. Pertama adalah bidang kajian dan pendampingan perempuan, kesehatan, dan kesejahteraan. Kedua, bidang pendidikan dan pengembangan. Dan ketiga adalah bidang komunikasi, event dan kerjasama, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

 Melalui rangkaian kegiatan tersebut, Tina berharap Srikandi Pupuk Indonesia dapat menjadi wadah bagi kaum perempuan di lingkungan Pupuk Indonesia grup agar dapat saling mendukung, membangun kapasitas, beradaptasi, hingga menjaga keseimbangan perannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…