Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Akan Jadi Terminal Umrah

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 11 Juni 2017 - 19:41 WIB

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng
Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Jemaah umrah tiap tahun terus bertambah jumlahnya, khususnya yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Hal ini membuahkan pemikiran pengelola bandara tersebut untuk membuat terminal khusus bagi jemaah umrah.

“Terminal 2 akan direvitalisasi, tapi diprioritaskan di Terminal F karena akan kita jadikan terminal umrah. Sementara untuk Terminal D dan Terminal E tetap untuk penerbangan domestik,” ujar Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II beberapa waktu lalu.

Menurut Awaluddin, revitalisasi terminal lama (Terminal 1 dan Terminal 2) Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2017. “Mulai T1 dulu. Insya Allah paling lambat Agustus nanti revitalisasinya. Konsepnya, kita merehabilitasi dalam situasi terminal itu tetap beroperasi. Kita akan mulai dulu di terminal C, setelah di C ke B lalu ke A,” jelasnya.

Karena prosesnya dalam kondisi terminal tetap operasi, kata Awaluddin, waktu yang dibutuhkan untuk revitalisasi pada tiga subterminal itu sekitar 18 bulan. Setelah revitaslisasi T1 selesai, dilanjutkan dengan revitaslisasi T2, yang diprioritaskan pada Terminal F untuk jemaah umrah.

Data dari Kementerian Agama, dalam tahun 2016 jumlah jemaah umrah Indonesia mencapai 818.000 orang, naik dibandingkan tahun 2015 yang 717.000 jemaah. Sementara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan, jumlah visa umrah yang telah dikeluarkan untuk Indonesia pada tahun 2016 mencapai 699.000 visa. Jumlah ini meningkat 7,2 persen dari tahun 2015.

Dari data tersebut, Indonesia berada di peringkat ketiga untuk jumlah jemaah umrah terbanyak, di samping Mesir dengan 1,3juta orang (peringkat pertama) dan Pakistan dengan 991.300 orang (peringkat kedua)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…