FIM, Dorna dan ITDC Group Gercep Benahi Track Pertamina Mandalika International Street Circuit

Oleh : Hariyanto | Kamis, 17 Februari 2022 - 13:52 WIB

Tim FIM dan Dorna Sport di Mandalika Sirkuit
Tim FIM dan Dorna Sport di Mandalika Sirkuit

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tes Pramusim Resmi MotoGP™ di Pertamina Mandalika International Circuit menjadi saksi kembalinya Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam 25 tahun.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (17/2/2022) menyebutkan, uji coba lintasan selama tiga hari tersebut menjadi sangat berharga bagi pembalap, tim dan pihak penyelenggara, karena memberi kesempatan bagi seluruh pihak yang terlibat memperoleh pengalaman di sirkuit baru ini sebelum dimulainya Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Tes tiga hari ini juga memberikan peluang bagi penyelenggara dan lembaga pengatur balapan terkait untuk memastikan bahwa tempat penyelenggaraan balapan sesuai dengan standar MotoGP™ dan melakukan penilaian untuk peningkatan yang diperlukan sebelum debut Pertamina Mandalika Circuit di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™.

Umpan balik dari pembalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar safety-nya, termasuk area runoff yang luas dinilai positif.

Selama tes, dua area pembenahan telah diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi beberapa bagian dari sirkuit.

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), yang mengawasi homologasi track, terus berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai pembenahan yang diperlukan ini, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum dimulainya Pertamina Grand Prix of Indonesia.

ITDC sebagai pemilik sirkuit telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM,sebagai wujud dukungan dan komitmen yang tinggi bagi olahraga ini. Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan langsung bekerja melakukan pembenahan, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan.

Pelapisan ulang sirkuit akan dilakukan mulai bagian sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5. Sirkuit juga disiapkan dengan menggunakan teknologi kelas dunia untuk memastikan seluruh permukaan lintasan memenuhi standar MotoGP™.

FIM dan Dorna mengucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa dan reaksi cepat ITDC serta meyakinkan penggemar MotoGP di Indonesia bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 akan tetap berlangsung pada tanggal yang direncanakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…