ASTINDO: Rencana Masa Karantina 3 Hari Mudahkan Pergerakan Wisman ke Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Februari 2022 - 17:30 WIB

Wisatawan Mancanegara
Wisatawan Mancanegara

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Indonesia berencana akan memangkas waktu masa karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) hingga tiga hari mulai 1 Maret 2022. Pemberitahuan tersebut tentu saja memberikan angin segar kepada pelaku pariwisata. 

Dalam Seminar Pariwisata Nasional bertajuk Menjaga Momentum Pemulihan Pariwisata Mengejar Target 280 Juta Wisnus di 2022 yang diselenggarakan oleh Forwaparekraf, Ketua DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Pauline Suharno mengatakan, pengurangan durasi karantina tersebut memudahkan wisatawan nasional yang ingin ke luar negeri untuk tujuan wisata, serta wisatawan mancanegara  yang ke Indonesia atau inbound. 

"Buat kami ini good news banget. Umumnya, untuk masyarakat yang mau melakukan perjalanan ke luar negeri dengan tujuan yang sangat penting, untuk perjalanan bisnis, mengantar anak sekolah, atau berobat, tidak masalah dengan lamanya karantina 10 hari," katanya. 

"Tapi, dengan rencana karantina tiga hari ini akan lebih memudahkan pelaku perjalanan luar negeri, yaitu konsumen kami untuk wisata akan lebih mudah," tutur Pauline.

Lebh lanjut, menurutnya pengurangan masa karantina ini juga membantu menggerakkan inbound.

"Contohnya di Bali, kemudian Batan dan Bintan. Walaupun sudah dibuka untuk wisman, tapi angka kedatangan internasionalnya masih sedikit karena mereka nggak suka dikrantina lama-lama, walaupun mereka boleh berakivitas di resort," paparnya. 

Pauline memberikan contoh beberapa negara yang menerapkan skema Test & Go. Artinya wisatawan asing tidak perlu melakukan karantina lagi.

"Singapura, Thailand yang kini menerapkan Test & Go yang memungkina wisatawan asing yang mengunjungi negara tersebut tidak perlu karantina. Lalu, Turki pun juga tidak menerapkan karantina bagi wisatawan asing," bebernya.

Ia pun berharap agar rencana bebas karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri di Indonesia mulai 1 April 2022 bisa terlaksana. "Jadi kami berharap semoga rencana di April bisa terlaksana dengan ditiadakannya karantina," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…