Perkuat Bisnis Keberlanjutan Jelang Era Pajak Karbon, SMKL Bakal Pasang Solar Panel

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Februari 2022 - 17:30 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, terus memperkuat bisnis keberlanjutan dengan berencana akan memasang solar panel untuk mencapai target zero emission.

Hal ini juga menunjukan bahwa SMKL siap dalam menyambut era pajak karbon pada bulan April 2022. Adapun rencana pemasangan solar panel ini diharapkan dapat menghemat biaya listrik sebesar 5-8%.

Herryanto Setiono Hidayat selaku Direktur Marketing SMKL, mengatakan, SMKL sebagai total integrated packaging solutions juga fokus pada bisnis yang keberlanjutan.

"Salah satu upaya kami, yakni dengan akan memasang solar panel guna mengurangi emisi karbon. Hal ini juga merupakan upaya SMKL dalam mendukung program Pemerintah dengan adanya penerapan pajak karbon pada tahun ini. Diharapkan dengan adanya upaya ini dapat terus memperkuat bisnis keberlanjutan SMKL," kata Herryanto yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (11/2/2022).

Solar panel merupakan sumber energi bersih dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi matahari. Di mana selain mengurangi emisi karbon, solar panel ini juga dapat menghemat biaya listrik yang digunakan.

Rencananya solar panel ini akan dipasang pada pabrik-pabriknya di Balaraja. Di sisi lain, pada tahun ini SMKL juga berencana untuk mengganti mesin boiler yang menggunakan batu bara dengan gas.

Selain untuk menyambut era pajak karbon, upaya bisnis keberlanjutan ini juga selaras dengan Perjanjian Paris terkait dengan kesepakatan global untuk ketahanan iklim dan pembangunan rendah emisi.

SMKL juga berupaya untuk mengelola limbah kertas dengan baik. SMKL mengumpulkan waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar
dapat didaur ulang.

Selain itu, SMKL juga telah meraih sertifikasi keberlanjutan Forest Stewardship Council (FSC) karena telah memenuhi standar bahwa produk-produk SMKL menggunakan bahan baku yang berasal dari hutan yang sudah melalui pengelolaan dengan baik.

Strategi bisnis keberlanjutan SMKL ini juga bertujuan untuk memenuhi standar pelanggan SMKL sebagai Perusahaan kemasan global. Di mana SMKL terus mendapatkan pertumbuhan kinerja yang baik dengan sudah mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Hal ini karena SMKL mampu memenuhi berbagai standar yang ditetapkan termasuk pada bisnis keberlanjutan.

“Kami bersyukur dapat terus meningkatkan kinerja SMKL sehingga kami dapat terus bertumbuh dan SMKL akan terus memenuhi berbagai permintaan pelanggan dengan standar yang ditentukan sebagai penyedia kemasan dengan keahliannya dalam customized order.” katanya.

Kedepannya SMKL akan terus memperkuat bisnis keberlanjutan untuk mendukung zero emission dan meningkatkan kinerja SMKL. Pada tahun 2022 ini, diharapkan SMKL dapat mencapai target pertumbuhan kinerja sebesar 15%.

“Upaya kami dalam mencapai target tersebut ialah dengan menyediakan total integrated packaging solutions with logistics. SMKL selain menyediakan kemasan, juga memiliki solusi logistik dan warehouse. Seiring dengan hal tersebut SMKL juga terus meningkatkan bisnis keberlanjutan dengan rencana akan memasang solar panel dan berbagai prinsip keberlanjutan lainnya,” tutup Herryanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…