Perkuat Bisnis Keberlanjutan Jelang Era Pajak Karbon, SMKL Bakal Pasang Solar Panel

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Februari 2022 - 17:30 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, terus memperkuat bisnis keberlanjutan dengan berencana akan memasang solar panel untuk mencapai target zero emission.

Hal ini juga menunjukan bahwa SMKL siap dalam menyambut era pajak karbon pada bulan April 2022. Adapun rencana pemasangan solar panel ini diharapkan dapat menghemat biaya listrik sebesar 5-8%.

Herryanto Setiono Hidayat selaku Direktur Marketing SMKL, mengatakan, SMKL sebagai total integrated packaging solutions juga fokus pada bisnis yang keberlanjutan.

"Salah satu upaya kami, yakni dengan akan memasang solar panel guna mengurangi emisi karbon. Hal ini juga merupakan upaya SMKL dalam mendukung program Pemerintah dengan adanya penerapan pajak karbon pada tahun ini. Diharapkan dengan adanya upaya ini dapat terus memperkuat bisnis keberlanjutan SMKL," kata Herryanto yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (11/2/2022).

Solar panel merupakan sumber energi bersih dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi matahari. Di mana selain mengurangi emisi karbon, solar panel ini juga dapat menghemat biaya listrik yang digunakan.

Rencananya solar panel ini akan dipasang pada pabrik-pabriknya di Balaraja. Di sisi lain, pada tahun ini SMKL juga berencana untuk mengganti mesin boiler yang menggunakan batu bara dengan gas.

Selain untuk menyambut era pajak karbon, upaya bisnis keberlanjutan ini juga selaras dengan Perjanjian Paris terkait dengan kesepakatan global untuk ketahanan iklim dan pembangunan rendah emisi.

SMKL juga berupaya untuk mengelola limbah kertas dengan baik. SMKL mengumpulkan waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar
dapat didaur ulang.

Selain itu, SMKL juga telah meraih sertifikasi keberlanjutan Forest Stewardship Council (FSC) karena telah memenuhi standar bahwa produk-produk SMKL menggunakan bahan baku yang berasal dari hutan yang sudah melalui pengelolaan dengan baik.

Strategi bisnis keberlanjutan SMKL ini juga bertujuan untuk memenuhi standar pelanggan SMKL sebagai Perusahaan kemasan global. Di mana SMKL terus mendapatkan pertumbuhan kinerja yang baik dengan sudah mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Hal ini karena SMKL mampu memenuhi berbagai standar yang ditetapkan termasuk pada bisnis keberlanjutan.

“Kami bersyukur dapat terus meningkatkan kinerja SMKL sehingga kami dapat terus bertumbuh dan SMKL akan terus memenuhi berbagai permintaan pelanggan dengan standar yang ditentukan sebagai penyedia kemasan dengan keahliannya dalam customized order.” katanya.

Kedepannya SMKL akan terus memperkuat bisnis keberlanjutan untuk mendukung zero emission dan meningkatkan kinerja SMKL. Pada tahun 2022 ini, diharapkan SMKL dapat mencapai target pertumbuhan kinerja sebesar 15%.

“Upaya kami dalam mencapai target tersebut ialah dengan menyediakan total integrated packaging solutions with logistics. SMKL selain menyediakan kemasan, juga memiliki solusi logistik dan warehouse. Seiring dengan hal tersebut SMKL juga terus meningkatkan bisnis keberlanjutan dengan rencana akan memasang solar panel dan berbagai prinsip keberlanjutan lainnya,” tutup Herryanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…