Bolu Berendam Khas Inhu Nampang di Ajang API 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 09 Juni 2017 - 19:00 WIB

Makanan Khas Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam (Foto:Ist)
Makanan Khas Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id, Indragiri Hulu - Begitu banyak makanan khas Indonesia yang menarik dan tentunya sangat lezat, keanekaragaman menu khas Indonesia tentunya dapat menarik perhatian dari berbagai pihak.

Menurut Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam ikut berpartisiasi memeriahkan festival hidangan tradisional menampilkan kue khas bolu berendam pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

"Ini kesempatan bagi Inhu untuk menyebar luaskan kue tradisional secara nasional," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Pariwisata (Disporapar) Armansyah didampingi  Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi di Rengat, Kamis (8/6/2017)

Ia mengatakan, penyelenggaraan API ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan guna membangkitkan apresisasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia serta mendorong peran serta pemerintah daerah untuk lebih giat mempromosikan pariwisata pada daerahnya

Bolu berendam terpilih untuk diiuktsertakan dalam festival tersebut, karena sudah beberapa kali dibawa saat ada pameran, festival sehingga selama ini sangat memasyarakat, lebih mudah disebut dan diingat khas Indragiri tersebut.

" Karena memiliki khas sendiri sehingga diundang untuk mengikuti acara tersebut," sebutnya.

Menurutnya, program API ini telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui surat nomor HK.505/10/2/DP3N/KEMPAR/2016 dan teknis penyelenggaraannya akan dimulai dengan memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota, dibawah koordinasi Pemerintah Daerah tingkat Provinsi.

" Dinas Pariwisata untuk memberikan usulan nominasi bagi setiap kategori yang telah ditentukan panitia dan tim perumus," ujarnya.

Setelah itu kegiatan API adalah mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun objek wisata terbaik dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau objek wisata yang dipilih secara online ataupun melalui SMS.

" Bolu Berendam merupakan kuliner asli Indragiri Hulu yang bercita rasa manis dan biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu bagi masyarakat setempat," terangnya.

Dijelaskan Arman, bolu berendam ini selain sebagai kuliner tradisional khas Indragiri Hulu, makanan ini merupakan hidangan besar sering dimanfaatkan untuk dihidangkan pada acara besar seperti lebaran dan acara pernikahan sehingga nilai budaya melekat pada kue tersebut.

Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi menambahkan, memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan secara gencar bolu berendam ini tidak hanya promosi ke media sosial tetapi lebaran.

"Pemungutan suara (vote) akan dimulai tanggal 1 Juni 2017 hingga 31 Oktober 2017," ujarnya.

Masyarakat Inhu atau siapapun yang mendukung Bolu Berendam pada Nominasi Makanan Tradisional Terpopuler 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…