Bikin Jutaan Rakyat Bangga! Dosen ITB Ini Terpilih menjadi Anggota Komite Saintifik Tsunami PBB

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 30 Januari 2022 - 07:50 WIB

Harkunti Pertiwi Rahayu, dosen dari kelompok keahlian Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.
Harkunti Pertiwi Rahayu, dosen dari kelompok keahlian Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Kemendikbudristek --- Seorang dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih menjadi salah satu dari sebelas anggota Scientific Committee for the UN Ocean Decade Tsunami Programme (SC-ODTP) atau Komite Saintifik Program Tsunami Dekade Kelautan PBB.

Ia adalah Harkunti Pertiwi Rahayu, dosen dari kelompok keahlian Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Ismunandar, mengatakan, PBB mencanangkan program Dekade Kelautan untuk Pembangungan Berkelanjutan 2021-2030 guna mendukung upaya mengembalikan kualitas laut.

Program ini mengumpulkan pemangku kepentingan laut di seluruh dunia untuk memastikan ilmu kelautan dapat sepenuhnya mendukung dalam menciptakan kondisi yang lebih baik untuk pembangunan berkelanjutan di laut.

“Keputusan ini menunjukkan kepercayaan UNESCO kepada Indonesia, sebagai badan PBB yang bertanggung jawab pada program Dekade Kelautan,” kata Ismunandar dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (27/1).

Harkunti merupakan lulusan sarjana dari ITB dan doktor dari Universitas Kochi, Jepang. Dalam program doktoralnya, ia fokus pada penelitian reduksi dan mitigasi bencana, khususnya tsunami.

Dalam komite yang menjadikan dirinya sebagai anggota tersebut, Harkunti bersama rekan-rekannya bertugas untuk mengembangkan rencana penelitian, pengembangan dan rencana implementasi program tsunami decade kelautan dalam jangka waktu 10 tahun.

Selain itu, komite secara umum berperan sebagai penasehat kepada kelompok kerja tsunami dan budaya lain terkait dengan sistem peringatan dan mitigasi permukaan laut. 

Dalam komite ini pula, dua anggota lain berasal dari Amerika Serikat, kemudian masing-masing satu orang berasal dari Chili, Kosta Rika, Selandia Baru, Jepang, Rusia, Prancis, India, dan Israel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penghargaan International Patient Safety Conference (IPSC) yang diraih RS Premier Bintaro.

Senin, 13 Mei 2024 - 22:17 WIB

RS Premier Bintaro Raih Penghargaan IPSC di India

Penghargaan IPSC menjadi acuan bagi RS Premier Bintaro (RSPB) untuk terus mengeksplorasi dan menerapkan solusi-solusi inovatif dalam praktik klinisnya.

Paviliun Indonesia di ajang Seoul International Travel Fair 2024

Senin, 13 Mei 2024 - 21:50 WIB

Kemenparekraf Boyong 14 Industri Pariwisata 'Mejeng' di Seoul International Travel Fair 2024

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali hadir pada pameran pariwisata internasional terbesar di Seoul International Travel Fair (SITF) 2024 yang berlangsung pada 9-12…

Menparekraf Sandiaga Uno

Senin, 13 Mei 2024 - 21:42 WIB

Hadiri AIM Congress 2024 di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Uno Beberkan Keuntungan Investasi di RI

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan berbagai keuntungan yang bisa diraih para investor dunia jika menanamkan investasinya di sektor pariwisata…

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin (kiri) menyerahkan trofi penghargaan CSR dan PDB Awards 2024 kategori Gold kepada Direktur Utama PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Lilik Unggul Raharjo (kanan) di The Westin Jakarta, pada Selasa (7/5/2024).

Senin, 13 Mei 2024 - 21:10 WIB

Bawa Misi Keberlanjutan SIG, SBI Raih 3 Penghargaan dari Kementerian Desa PDTT atas Keberhasilannya Mempercepat Pembangunan Desa

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) meraih tiga penghargaan CSR (Corporate Social Responsibility) dan PDB (Pengembangan…

Andreas SH dari Eternity Global Law Firm melaporkan Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta ke Inpektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Senin, 13 Mei 2024 - 21:02 WIB

Setelah Dibebastugaskan, Kemenkeu Diminta Selidiki Harta Kepala Bea Cukai Purwakarta

Selain dibebas tugaskan, Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta, REH, juga menghadapi masalah hukum atas laporan Andreas SH dari Eternity Global Law Firm ke Polda, KPK, hingga Kemenkeu.