WHO: Aturan Larangan Perjalanan Tidak Efektif Cegah Penularan Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 22 Januari 2022 - 13:40 WIB

Ilustrasi Perjalanan Naik Pesawat (Ist)
Ilustrasi Perjalanan Naik Pesawat (Ist)

INDUSTRY.co.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam rekomendasi pedoman aturan perjalanan Covid-19 terbaru, telah menyebut larangan perjalanan tidak efektif dan telah menyarankan negara-negara untuk mencabut atau mengurangi pembatasan perjalanan Covid-19 saat ini. 

WHO mengatakan bahwa larangan perjalanan ini dapat memperburuk ekonomi dan meningkatkan tekanan sosial.

Dilansir dari laman Times of India, Sabtu, (22/1/2022), WHO merekomendasikan hal yang sama pada hari Rabu di Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional tentang Covid-19.

Sesuai laporan, negara-negara harus menghapus larangan dan pembatasan perjalanan karena komite menemukan mereka tidak memberikan nilai tambah dan terus berkontribusi pada tekanan ekonomi dan sosial yang dialami oleh warga negara.

Lebih lanjut, laporan tersebut menyatakan bahwa pembatasan perjalanan ini tidak kompeten dalam membatasi penyebaran internasional varian Omicron Covid-19. Ini menunjukkan bahwa pembatasan perjalanan semacam itu tidak efektif.

Lebih lanjut, laporan tersebut menyarankan bahwa langkah-langkah keamanan seperti pengujian RT PCR, menggunakan masker, isolasi atau karantina, dan vaksinasi harus didasarkan pada penilaian risiko untuk menghindari beban keuangan yang tidak perlu pada wisatawan internasional.

Pada November tahun lalu, berbagai negara menangguhkan penerbangan ke dan dari negara-negara Afrika selatan, karena Omicron. Tapi sekarang, larangan itu telah dicabut oleh sebagian besar pemerintah. 

WHO juga mendesak negara-negara untuk tidak meminta bukti vaksinasi Covid-19 sebagai satu-satunya cara bagi masuknya wisatawan.

"Negara-negara harus mempertimbangkan untuk menyesuaikan atau mengurangi langkah-langkah tersebut, termasuk persyaratan pengujian dan karantina," jelas WHO.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…