Pertama Digelar, Pertemuan Kelompok Kerja Infrastruktur G20 Dilaksanakan untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi Dunia

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 22 Januari 2022 - 12:31 WIB

Pertemuan Kelompok Kerja Infrastruktur G20
Pertemuan Kelompok Kerja Infrastruktur G20

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia sebagai Presidensi G20, pada tanggal 20-21 Januari 2022 telah dilakukan pertemuan kelompok kerja infrastruktur (Infrastructure Working Group/IWG) G20 yang pertama.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id , Sabtu (22/1/2022) menyebutkan bahwa pertemuan ini dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh negara-negara anggota G20 dan beberapa lembaga internasional.

Selaras dengan tema besar Presidensi Indonesia “Recover Together, Recover Stronger” pertemuan ini membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia pasca Covid-19 melalui pembangunan infrastruktur yang lebih berkualitas.

Pertemuan IWG G20 akan berlangsung selama beberapa kali di tahun 2022 untuk membahas dan mempertajam peran investasi infrastruktur selama dan setelah pandemi dengan berfokus pada empat agenda utama.

Agenda tersebut yaitu (i) meningkatkan investasi infrastruktur berkelanjutan (sustainable infrastructure) dengan mendorong partisipasi sektor swasta; (ii) menekankan peran infrastruktur dalam mendorong inklusi sosial dan mengurangi kesenjangan antar daerah; (iii) meningkatkan investasi infrastruktur digital dan penggunaan teknologi dalam infrastruktur; dan (iv) mendorong infrastruktur transformatif pasca Covid-19.

Pertemuan IWG G20 di tahun ini juga akan melanjutkan pembahasan topik legacy dari Presidensi-Presidensi G20 sebelumnya antara lain terkait pengembangan indikator investasi infrastruktur yang berkualitas atau Quality Infrastructure Investment (QII).

Sehari sebelum pertemuan IWG G20, di tanggal 19 Januari 2022 juga dilaksanakan seminar dengan tema “Scaling up sustainable infrastructure investment by leveraging private sector participation” untuk membuka pembahasan agenda selama setahun dengan mengundang pihak-pihak swasta dan stakeholder infrastruktur lainnya.

Seminar tersebut dilaksanakan atas kerjasama Global Infrastructure Hub (GI Hub) dan Presidensi Indonesia. Seminar juga menghadirkan lembaga internasional (EDHECInfra, GRESB, CCRI, EBRD, OECD, dan China-Africa Development Fund), dan juga menghadirkan perwakilan pihak swasta seperti HSBC, Meridiam, I Squared Capital, dan SMBC.

Kehadiran pihak swasta diharapkan dapat menunjukkan potensi sumber pembiayaan dan memahami perspektif sektor swasta mengenai infrsatruktur berkelanjutan.

Melalui pertemuan pertama dan seminar ini, Indonesia berupaya untuk memperoleh masukan dari negara anggota G20 dan lembaga internasional mengenai agenda infrastruktur G20 dan hasil-hasil (deliverables) yang akan dicapai selama setahun ke depan yang selanjutnya akan diajukan untuk dibahas dalam pertemuan deputi dan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral pada bulan Februari 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.