BPS: Kemiskinan Desa Turun Karena Pembangunan Sektor Pertanian

Oleh : Wiyanto | Selasa, 18 Januari 2022 - 09:47 WIB

Petani Cabai (ist)
Petani Cabai (ist)

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Kepala BPS, Margo Yuwono mengataka, penurunan angka kemiskinan di pedesaan jauh lebih cepat ketimbang penurunan angka kemiskinan di wilayah perkotaan. Menurut Margo, hal ini terjadi karena pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus memberi perhatiannya pada sektor pertanian.

"Memang yang menggembirakan kita adalah penurunan kemiskinan di pedesaan itu turunya lebih cepat. Artinya pemerintah telah berupaya membangun pertanian dan saat ini sudah mulai terasa dampaknya. Jadi penurunan kemiskinan di pedesaan itu jauh lebih cepat dibanding penurunan di perkotaan," ujar Margo dalam Berita Resmi BPS, Senin, 17 Januari 2021.

Di pedesaan, kata Margo, penurunan kemiskinan sebesar 0,57 persen yang dihitung dari bulan Maret sampai September 2021. Sedangkan penurunan kemiskinan di perkotaan turun 0,12 persen poin.

"Kalau tren ini terus dijaga, maka bisa dipastikan disparitasnya lambat laun akan semakin mengecil antara kota dan desa," katanya.

Adapun jika dilihat dari indikator upah buruh tani pada bulan Desember 2021 nominalnya mencapai Rp57.180 perhari. Angka tersebut jika dihitung pertumbuhan secara nomin naik 0,17 persen (MtoM). Sedangkan jika dilihat menurut provinsi upah buruh tani di Indonesia tertinggi berada di Provinsi Kalimantan Utara yang tercatat mencapai Rp 74.270.

Sebagaimana juga yang disampaikan Margo, total ekspor Indonesia selama 2021 naik sebesar 41,88 persen atau tercatat sebesar 231,54 US$. Secara Khusus, ekapor nonmigas Indonesia juga naik sebesar 219,27 US$ atau meningkat sebesar 41,52 persen.

"Jadi bapak ibu sekalian kinerja ekspor kita tahun ini cukup menggembirakan dan semoga tren ekspor tahun ini terus naik di tahun 2022. Harapan kita tentu kenaikan ini mampu berkontribusi pada pemulihan ekonomi, juga berdampak langsung pada masyarakat secara keseluruhan," katanya.

Margo menambahkan, share ekspor nonmigas Indonesia berdasarkan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan tercatat mencapai 4,24 US$ atau meningkat 2,86 persen jika dibandingkan tahun 2020.

"Dan secara keseluruhan ekspor nonmigas kita sharenya 94,70 persen. Atau secara detail pertanian sharenya 1,83 persen," katanya.

Mengenai hal ini, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyampaikan terimakasih atas perhatian dan kontribusi semua pihak terhadap kemajuan sektor pertanian Indonesia. Lebih khusus kepada para petani yang selama pandemi terus melakukan produksi.

"Alhamdulillah berdasarkan data BPS, NTP kita juga terus meningkat. Ini adalah bukti bahwa sektor pertanian masih jadi penyangga ekonomi kita. Karena itu pemerintah melalui Kementan berkomitmen akan teru membangun pertanian Indonesia jauh lebih maju, mandiri dan modern," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:35 WIB

Berakhir 31 Mei 2022, Menperin Agus: Pengusaha Dapat Ajukan Dana Pembiayaan Migor Curah ke BPDPKS

Dalam rangka penyediaan minyak goreng (migor) curah dan optimalisasi pendistribusiannya untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil, pemerintah mengubah aturan penyediaan minyak…

Masjidil Haram, Masjid di Mekkah, Arab Saudi (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:15 WIB

Ini Solusi Menparekraf agar Arab Saudi Izinkan Kembali Warganya Berkunjung ke Indonesia

Pemerintah Arab Saudi melalui pengumuman resmi Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) Saudi pada akhir pekan lalu mengumumkan larangan bepergian bagi warganya ke 16 negara termasuk Indonesia terkait…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Pusat Happy Harinto mematangkan persiapan penyelenggaraan…