Tips Lapor Pajak Online Di Rumah Aja dengan Mudah dan Cepat

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Januari 2022 - 18:21 WIB

Mekari KlikPajak
Mekari KlikPajak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembayaran pajak di era digital seperti sekarang ini semakin mudah dan praktis. Wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor pajak untuk membayar kewajiban sebagai warga negara. Pasalnya, ada cara bayar dan lapor pajak online yang dapat menjadi pilihan.

Cara bayar dan lapor pajak online tentu menjadi hal penting untuk diketahui oleh wajib pajak karena banyak manfaatnya. Selain menghemat waktu dan biaya, cara bayar dan lapor pajak online juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tidak hanya itu, cara bayar dan lapor pajak online juga dapat menghindari kesalahan dari pencatatan transaksi secara manual. Untuk membayar dan melapor pajak secara online, wajib pajak dapat melakukannya melalui aplikasi ataupun laman resmi DJP Online.

Cara bayar dan lapor pajak online juga memungkinkan data dan hasil transaksi langsung tersimpan di sistem DJP. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko kehilangan data akibat kelalaian dan penyebab lainnya.

Karena dilakukan secara daring, cara bayar pajak online pun memudahkan Wajib Pajak yang hendak membayar pajak sehingga tak perlu lagi mengantri di kantor pajak. Cukup dengan ponsel atau laptop yang tersambung dengan internet, pembayaran pajak menjadi lebih cepat dan efisien.

Lalu bagaimana cara bayar dan lapor pajak online?
Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pajak.go.id, e-billing pajak adalah metode pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing atau ID billing sebagai cara untuk bayar pajak dan lapor online.

Kode billing ini harus dibuat oleh wajib pajak sebelum membayar pajak (bayar pajak online). Layanan mandiri pembuatan kode billing melalui aplikasi billing DJP akan dilayani pada menu e-Billing DJP Online.

Namun untuk bisa mendapatkan kode billing dan mengakses DJP Online, Anda harus terlebih dahulu dan mengaktifkan EFIN atau Electronic Filing Identification (EFIN).

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.

EFIN berlaku seumur hidup dan dapat digunakan oleh wajib pajak untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online. Untuk bisa mendapatkan EFIN, Anda perlu untuk menyambangi kantor pajak (KKP) terdekat di domisili Anda.

Cara daftar EFIN online via email dan website dapat dilihat di sini. Bila sudah memiliki EFIN, Anda bisa melakukan registrasi akun DJP Online.

● Buka laman https://djponline.pajak.go.id/account/ lewat aplikasi browser Anda
● Pilih menu Registrasi.
● Isi data dengan nomor NPWP dan kode EFIN yang Anda miliki dan telah diaktivasi di loket yang ada di KPP.
● Setelah itu isi kode keamanan sesuai yang telah disediakan. Jika sudah klik Verifikasi.
● Setelah semuanya beres, masuk ke akun Anda dan tuliskan email, nomor HP yang aktif, dan kode keamanan.
● Anda akan diminta membuat password yang digunakan untuk login DJP Online. Klik Simpan setelah selesai membuat password.
● Cek email yang Anda daftarkan. Klik tautan yang dikirimkan oleh DJP Online untuk mengaktifkan akun.
● Anda akan mendapatkan pemberitahuan Aktivasi Akun Berhasil. Klik Ok untuk masuk ke menu login.
● Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun DJP Online dengan mengisi NPWP dan password. Jika berhasil login berarti akun Anda telah berhasil diaktifkan.
● Akun DJP Online tersebut bisa Anda gunakan untuk lapor SPT tahunan (e-Filing) dan membayar pajak (e-Billing).

Cara bayar dan lapor pajak online

● Login ke laman djponline.pajak.go.id.
● Setelah berhasil login, selanjutnya pilih menu e-Billing System.
● Pilih pada menu Isi SSE.
● Kemudian Anda akan mendapat form Surat Setoran Elektronik (SSE) yang harus Anda isi.
● Data pada formulir tersebut akan terisi otomatis. Yang perlu Anda ubah hanya pada kolom Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa Pajak, Tahun Pajak, Uraian Pajak yang dibayarkan, dan Jumlah Setoran.
● Setelah merampungkan pengisian, klik Simpan.
● Klik pada pilihan Kode Billing.
● Klik Cetak Kode Billing.
● Setelah mendapatkan Kode Billing, langkah selanjutnya Anda tingga bayar pajak online lewat bank, m-banking, internet banking, ATM atau kantor pos dengan memasukan Kode Billing tersebut.

Manfaat Bayar dan Lapor Pajak Tahunan Secara Online

Dunia digital dan perkembangannya yang pesat saat ini, banyak memberikan jalan bagi pemain baru di bidang bisnis, khususnya pada bidang bisnis online. Situs jual beli yang kerap disebut sebagai situs eCommerce, kini semakin banyak dengan berbagai keunikan dan menawarkan banyak kemudahan dalam bertransaksi.

Tidak hanya bisnis dalam dunia digital, kini banyak pula bisnis yang bukan berbasis digital, mulai menggunakan sarana online tersebut untuk kepentingan bertransaksi maupun pemasaran.

Hal ini semakin dipermudah dengan hadirnya fasilitas pembayaran dan lapor pajak online. Selain Efisien dari segi waktu dibandingkan sistem manual, pembayaran dan lapor pajak online ini juga memberikan rasa aman karena semua data pelaporan pajak yang ditampilkan sangat lengkap dan jelas. Ada juga 5 manfaat lain membayar pajak via online diantaranya adalah

1. Lebih Mudah
Melakukan pembayaran pajak via online semakin mudah dengan melakukan transaksi pembayaran pajak melalui Internet Banking atau ATM. Hanya perlu membawa catatan kecil berisi Kode Billing untuk melakukan transaksi pembayaran pajak

2. Lebih Cepat
Proses yang dilakukan lebih cepat dan dapat melakukan transaksi pembayaran pajak hanya dalam hitungan menit. Tidak perlu lagi mengantre lama di loket teller, teller hanya meng-input satu kode saja

3. Lebih Akurat
Aplikasi yang terdapat pada website menyediakan fitur berupa validation rules / function / interface yang dapat meminimalisasi kekeliruan saat proses transaksi.

4. Lebih Hemat
Lebih hemat dalam penggunaan kertas, waktu dan tenaga yang dikeluarkan

5. Lebih Ekonomis
Dibandingkan menggunakan sistem manual, membayar pajak menggunakan sistem online lebih efisien dari sisi biaya yang dikeluarkan.

Solusi Urus Pajak Bisnis Lebih Mudah & Cepat hanya di Klikpajak by Mekari

Bukan hanya kemudahan dalam pelaporan SPT Tahunan Badan, fitur lengkap Klikpajak akan membuat administrasi perpajakan lainnya juga semakin efektif dan efisien.

Seperti membuat bukti pemotongan perpajakan dari berbagai jenis transaksi PPh, maupun membuat Faktur Pajak elektronik dan pengisian formulir pelaporan SPT Masa PPN dengan mudah.

Klikpajak by Mekari adalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Anda, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak secara online dalam satu platform.

Klikpajak akan menghitung kewajiban perpajakan dengan tepat dan akurat sehingga Anda terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda perpajakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.