Sri Mulyani: Pembiayaan UMi Bantu 5,39 Juta Pelaku UMKM Peroleh Cuan

Oleh : Candra Mata | Senin, 17 Januari 2022 - 11:19 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mrngungkapkan bahwa Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kemenkeu merupakan salah satu Badan Layanan Umum Kementerian Keuangan yang bertugas mengelola Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), sekaligus menjadi coordinated fund.

Menurutnya, berkat APBN yang disalurkan dalam bentuk pembiayaan ultra mikro atau UMi, 5,39 juta pelaku UMKM dapat merasakan manfaat nyatanya. 

Meskipun banyak pelaku UMKM saat ini masih mengalami tekanan akibat dampak dari pandemi covid-19.

Menurut Sri Mulyani manfaat UMi dapat dilihat dari salah satu pelaku usaha UMKM yang sudah merasakannya.

Sebut ia Ibu Sri, sebelum pandemi, pemilik usaha Maharani Gaya, produksi kebaya dan aksesori dari pulau Dewata.

Dimana saat pandemi usahanya mati, sementara suaminya yang bekerja sebagai pegawai hotel penghasilannya mengalami penurunan drastis memutuskan untuk banting stir membuat kue dan memulai usaha Bakery Rich dan cafe rumahan.

Dengan modal pembiayaan UMI melalui Koperasi Krama Bali sebesar 10 juta rupiah untuk modal kerja di tahun 2020, usaha Ibu Sri kini telah mendatangkan cuan yang cukup besar.

"Kalau sebelumnya selalu berurusan dengan jahit perbenangan, jarum dan sebagainya, kini membuat beragam jenis kue dan menentukan varian rasa dari kue tersebut, jauh tapi bisa masuk ya," kata Sri Mulyani seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari akun media Instagram miliknya, Senin (17/1/2022).

Dituturkan lebih lanjut oleh Sri Mulyani, pelaku usaha UMKM yang lain yakni Bu Eni Marlina pedagang peyek mampu melipatgandakan omzetnya, dimulai dari omzet 20 box dan kini mampu melayani pesanan hingga 200 box per hari. 

Awalnya bu Eni mengalami keterbatasan modal sehingga usahanya sulit berkembang. Berbekal kedisiplinan kerja keras dan pinjaman ultra mikro (UMi), usahanya terus berkembang. 

"Berkat #uangkita yang disalurkan dalam bentuk Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), 5,39 juta pelaku UMKM seperti bu Eni telah merasakan manfaat nyata. #UangKita ditujukan dan akan terus mendorong agar pelaku UMKM tak ragu untuk bangkit berusaha," ujar Sri Mulyani.

"Pajak Anda telah membantu meningkatkan kualitas usaha dan taraf hidup para pelaku UMKM," tutup Sri Mulyani.

Adapun untuk para pelaku UMKM yang ingin mengetahui mengenai tentang pembiayaan UMi, bisa melalui contact center: salam-pip.kemenkeu.go.id atau mengakses website pip.kemenkeu.go.id.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.