Kolaborasi Antarnegara Jadi Kunci, Ini Tiga Tantangan Perdagangan yang Harus Dihadapi Dunia di 2022

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Januari 2022 - 09:32 WIB

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, perdagangan dunia akan menghadapi berbagai tantangan. Untuk itu, kolaborasi antarnegara menjadi kunci dalam menghadapi tantangan perdagangan di masa depan.

Hal ini disampaikan Mendag Lutfi dalam sambutanya pada acara Standard Chartered’s Global Research Briefing H1 2022 yang digelar secara virtual pada Rabu (12/1/2022) lalu.

“Inilah waktunya untuk berkolaborasi antarnegara dan bangsa. Diharapkan kita dapat menciptakan perdagangan yang adil dan perdagangan yang menguntungkan untuk setiap orang,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag mengungkapkan, Pada 2022 dunia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut yakni perubahan nilai logistik, krisis energi, dan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Terkait logistik, jika penyumbatan di berbagai pelabuhan di dunia tidak diselesaikan, perdagangan akan sulit untuk menopang pada 2022. Sementara untuk krisis energi, jika harganya masih tinggi, seperti saat ini, dikhawatirkan dapat memberikan ancaman dalam ekonomi.

“Ketiga permasalahan ini akan Indonesia bawa keG20 dan juga sistem perdagangan multilateral. Diharapkan kita dapat mengatasi ketiga permasalahan tersebutdan dapat terus melanjutkan perdagangan. Sehingga perdagangan dapat menjadi mesin pertumbuhan, bukan hanya untuk Indonesia tapi juga untuk seluruh dunia, karena kita tidak dapat melakukannya sendiri,”ungkap Mendag.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:35 WIB

Berakhir 31 Mei 2022, Menperin Agus: Pengusaha Dapat Ajukan Dana Pembiayaan Migor Curah ke BPDPKS

Dalam rangka penyediaan minyak goreng (migor) curah dan optimalisasi pendistribusiannya untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil, pemerintah mengubah aturan penyediaan minyak…

Masjidil Haram, Masjid di Mekkah, Arab Saudi (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:15 WIB

Ini Solusi Menparekraf agar Arab Saudi Izinkan Kembali Warganya Berkunjung ke Indonesia

Pemerintah Arab Saudi melalui pengumuman resmi Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) Saudi pada akhir pekan lalu mengumumkan larangan bepergian bagi warganya ke 16 negara termasuk Indonesia terkait…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Pusat Happy Harinto mematangkan persiapan penyelenggaraan…