Goodyear Kembangkan Teknologi Ban Tanpa Udara untuk Robot Otonom Starship

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 Januari 2022 - 14:44 WIB

 Robot Otonom Starship
Robot Otonom Starship

INDUSTRY.co.id - Jakarta - The Goodyear Tire & Rubber Company, perusahaan induk PT Goodyear Indonesia telah mengembangkan dan menguji ban non-pneumatik (NPT) atau tanpa udara yang dirancang khusus untuk mendukung robot pengiriman Starship.

Starship Technologies adalah perusahaan portofolio Goodyear Ventures yang membangun dan mengoperasikan jaringan lebih dari 1.000 robot otonom dalam mil terakhir yang membawa dan mengirimkan paket, bahan makanan, dan makanan langsung ke pelanggan.

Untuk menjawab permintaan Starship terkait kesehatan dan perawatan ban, Goodyear mengembangkan ban tanpa udara yang dirancang khusus untuk memperpanjang usia ban dan mengurangi aktivitas perawatan untuk armada pengiriman Starship.

Goodyear dan Starship telah memasuki fase pengujian lapangan di Universitas Bowling Green State guna mengevaluasi ketergantungan kendaraan dan ban. Data pengujian awal ban di kendaraan telah menunjukkan hasil positif terkait dengan tapak, pengereman, dan peredam getaran.

“Kami sangat antusias untuk memperluas arsitektur ban tanpa udara kami yang unik ke dalam bentuk mobilitas baru,” kata Michael Rachita, Manajer Program Senior, ban non-pneumatik Goodyear yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (14/1/2022).

“Ruang pengiriman mikro menghadirkan serangkaian kebutuhan yang berbeda terkait dengan ban, dan teknologi NPT kami sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan tersebut demi memungkinkan pengalaman yang bebas perawatan dan tahan lama.” imbuhnya.

“Robot pengiriman kami melakukan ribuan pengiriman setiap hari di semua jenis kondisi cuaca dan medan,” kata Siim Viilup, Manajer Teknik Mesin, Starship Technologies.

“Untuk memastikan kami dapat memenuhi permintaan yang meningkat dari layanan kami, kami membutuhkan ban yang andal dan membuat robot kami terus bergerak sepanjang waktu dan di seluruh dunia. Sangat menyenangkan melihat ban baru ini menawarkan keandalan serta penghematan biaya saat kami meningkatkan skala bisnis kami.” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Senin, 17 Januari 2022 - 08:00 WIB

Bamsoet Buka Seri I The Brotos Vespa Race Championship Piala Ketua MPR RI 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menutup Seri I balap motor vespa, The Brotos Vespa Race Championship Piala Ketua MPR RI 2022. Diikuti sekitar…

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Senin, 17 Januari 2022 - 07:44 WIB

Pemerintah Siapkan Rp451 Triliun untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Jakarta-Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp451 triliun untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 yang akan digunakan untuk kesehatan, perlindungan sosial, dan fasilitas…

Ilustrasi pencoblosana Pilkada DKI Jakarta. (Oscar Siagian/Getty Images)

Senin, 17 Januari 2022 - 07:36 WIB

Antisipasi Kekacauan, Anggota DPR Nilai Presiden Perlu Terbitkan Perppu Pilkada 2024

Jakatrta-nggota Komisi II DPR RI Rifqinizami Karsayuda menilai Presiden Joko Widodo perlu mempertimbangkan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait jadwal Pilkada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 17 Januari 2022 - 07:00 WIB

Transformasi Industri Gula, Ini Hasil Rumusan National Sugar Summit

Kesenjangan antara kebutuhan dan produksi gula masih cukup lebar, walaupun Pemerintah telah berupaya mendorong pelaku usaha gula untuk meningkatkan produksi. Upaya untuk meningkatkan produksi…

DankormarMayjen (Mar) Suhartono

Senin, 17 Januari 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Hadiri Peresmian Monumen TNI AL di Madiun

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menghadiri peresmian tiga Monumen Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)…