Goodyear Kembangkan Teknologi Ban Tanpa Udara untuk Robot Otonom Starship

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 Januari 2022 - 14:44 WIB

 Robot Otonom Starship
Robot Otonom Starship

INDUSTRY.co.id - Jakarta - The Goodyear Tire & Rubber Company, perusahaan induk PT Goodyear Indonesia telah mengembangkan dan menguji ban non-pneumatik (NPT) atau tanpa udara yang dirancang khusus untuk mendukung robot pengiriman Starship.

Starship Technologies adalah perusahaan portofolio Goodyear Ventures yang membangun dan mengoperasikan jaringan lebih dari 1.000 robot otonom dalam mil terakhir yang membawa dan mengirimkan paket, bahan makanan, dan makanan langsung ke pelanggan.

Untuk menjawab permintaan Starship terkait kesehatan dan perawatan ban, Goodyear mengembangkan ban tanpa udara yang dirancang khusus untuk memperpanjang usia ban dan mengurangi aktivitas perawatan untuk armada pengiriman Starship.

Goodyear dan Starship telah memasuki fase pengujian lapangan di Universitas Bowling Green State guna mengevaluasi ketergantungan kendaraan dan ban. Data pengujian awal ban di kendaraan telah menunjukkan hasil positif terkait dengan tapak, pengereman, dan peredam getaran.

“Kami sangat antusias untuk memperluas arsitektur ban tanpa udara kami yang unik ke dalam bentuk mobilitas baru,” kata Michael Rachita, Manajer Program Senior, ban non-pneumatik Goodyear yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (14/1/2022).

“Ruang pengiriman mikro menghadirkan serangkaian kebutuhan yang berbeda terkait dengan ban, dan teknologi NPT kami sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan tersebut demi memungkinkan pengalaman yang bebas perawatan dan tahan lama.” imbuhnya.

“Robot pengiriman kami melakukan ribuan pengiriman setiap hari di semua jenis kondisi cuaca dan medan,” kata Siim Viilup, Manajer Teknik Mesin, Starship Technologies.

“Untuk memastikan kami dapat memenuhi permintaan yang meningkat dari layanan kami, kami membutuhkan ban yang andal dan membuat robot kami terus bergerak sepanjang waktu dan di seluruh dunia. Sangat menyenangkan melihat ban baru ini menawarkan keandalan serta penghematan biaya saat kami meningkatkan skala bisnis kami.” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

Sabtu, 22 Januari 2022 - 07:10 WIB

Bikin Menteri Erick Tersenyum! Kinerja Bukit Asam Dapat Pujian DPR

Jakarta-Meningkatnya ekspor batu bara Indonesia akibat tingginya permintaan dan tingginya harga batu bara internasional, dikhawatirkan mengancam ketersediaan batu bara untuk kepentingan dalam…

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Sabtu, 22 Januari 2022 - 07:00 WIB

Manajemen PT Hutama Karya (Persero) dan Menteri PUPR Pastikan SPM Optimal

Guna memastikan peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada Jalan Tol Trans Sumatera, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) bersama manajemen PT Hutama Karya (Persero) (Hutama…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 22 Januari 2022 - 06:00 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Dukung Upaya GRANAT Berantas Peredaran Narkoba

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menerima Audiensi Ketua Umum DPP Organisasi Gerakan Anti Narkoba ( Granat) DR. H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H,…

Perwira Brigif 2 Marinir Surabaya Tingkatkan Kemampuan Menembak Pistol

Sabtu, 22 Januari 2022 - 05:40 WIB

Perwira Brigif 2 Marinir Surabaya Tingkatkan Kemampuan Menembak Pistol

Dalam rangka mengasah dan meningkatkan profesionalisme, Perwira Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan menembak pistol di lapangan tembak pistol Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.…

Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir Laksanakan Cross Country

Sabtu, 22 Januari 2022 - 05:20 WIB

Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir Laksanakan Cross Country

Dalam rangka uji kemampuan fisik, prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir laksanakan Latihan Perorangan Dasar (LPD) Tw I Tahun 2022 bertempat di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang,…