Bendungan Bintang Bano NTB Dukung Program Ketahanan Pangan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Januari 2022 - 13:39 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Lombok- Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat, 14 Januari 2022. Presiden berharap bendungan tersebut dapat mendukung ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan air baku di Provinsi NTB.

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di Provinsi NTB,” ucap Presiden dalam sambutannya, seperti diiinformasikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

.Kepala Negara menjelaskan bahwa air merupakan kunci bagi ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan. Hal tersebut yang mendasari pembangunan sejumlah bendungan di seluruh Tanah Air.

“Bendungan Bintang Bano ini adalah bendungan yang ke-29 yang telah kita resmikan sejak 2015 yang lalu. Insyaallah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia,” jelas Presiden.

Bendungan yang telah dibangun sejak tahun 2015 dan menghabiskan biaya Rp1,44 triliun tersebut diketahui memiliki daya tampung sebesar 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektare dan mampu mengairi sawah seluas 6.700 hektare.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Iriana juga melepas ikan gabus dan menaiki perahu di bendungan. Tampak Presiden turut mendayung perahu bersama beberapa atlet dayung dalam perahu yang sama.

Sebelum bertolak kembali menuju Kabupaten Lombok Tengah, Presiden dan Ibu Iriana menyempatkan untuk menanam pohon jambu air di area Bendungan Bintang Bano.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peresmian Bendungan Bintang Bano yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Bupati Sumbawa Barat Musyafirin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga Hartarto

Senin, 17 Januari 2022 - 08:54 WIB

Pemerintah Lanjutkan PPKM Luar Jawa-Bali

Jakarta-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah kembali melanjutkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)…

Seorang bocah berdiri menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi SDN Purwotengah, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Sabtu (15/1/2022).

Senin, 17 Januari 2022 - 08:51 WIB

Napak Tilas di Sekolah Soekarno, Ganjar Kaget Ketemu Kusno

Mojokerto – Seorang bocah berdiri menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi SDN Purwotengah, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Sabtu (15/1/2022).

Presiden Jokowi

Senin, 17 Januari 2022 - 08:35 WIB

Kabar Gembira! Jokowi Setujui Perpanjangan Insenitf PPnBM untuk Otomotif dan PPN DTP Sektor Properti

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui perpanjangan insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) untuk produk otomotif.

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Senin, 17 Januari 2022 - 08:00 WIB

Bamsoet Buka Seri I The Brotos Vespa Race Championship Piala Ketua MPR RI 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menutup Seri I balap motor vespa, The Brotos Vespa Race Championship Piala Ketua MPR RI 2022. Diikuti sekitar…

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Senin, 17 Januari 2022 - 07:44 WIB

Pemerintah Siapkan Rp451 Triliun untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Jakarta-Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp451 triliun untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 yang akan digunakan untuk kesehatan, perlindungan sosial, dan fasilitas…