Abaikan Covid-19, 1 Juta Umat Hindu India 'Nekat' Akan Gelar Ritual di Sungai Gangga

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Januari 2022 - 09:30 WIB

Umat Hindu di India Mandi Suci di Sungai Gangga (Ist)
Umat Hindu di India Mandi Suci di Sungai Gangga (Ist)

INDUSTRY.co.id - Meskipun kasus infeksi Covid-19 meningkat di seluruh negeri, hampir 1 juta jamaah Hindu diperkirakan akan berkumpul di tepi sungai Gangga Jumat ini (14/1/2022) dan Sabtu (15/1/2022) untuk mandi suci. 

Dilansir dari laman CNA, India melaporkan 168.063 infeksi Covid-19 baru pada hari Selasa, kenaikan 20 kali lipat dalam sebulan meskipun pengujian jauh di bawah kapasitas.

Sebagian besar orang yang terinfeksi telah pulih di rumah dan tingkat rawat inap kurang dari setengahnya terlihat selama gelombang infeksi besar terakhir pada bulan April dan Mei.

Banyak negara bagian telah mengumumkan jam malam sementara ibu kota Delhi juga memberlakukan penguncian akhir pekan, menutup kantor swasta serta restoran dan bar dalam upaya untuk mengendalikan varian Omicron yang menyebar cepat.

Tetapi puluhan ribu peziarah telah samapi di lokasi ritual Gangga tahunan, tepatnya di sebuah pulau di negara bagian timur Bengal Barat. Wilayah tersebut memiliki jumlah kasus terbanyak di negara itu setelah negara bagian Maharashtra di barat.

"Kerumunan dapat membengkak ke mana saja antara 800 ribu hingga 1 juta. Kami mencoba menerapkan semua protokol kesehatan Covid-19," kata Bankim Chandra Hazra, seorang menteri Bengal Barat yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan festival yang dikenal sebagai Gangasagar Mela.

"Kami juga telah mengatur untuk menaburkan air suci dari drone sehingga tidak ada kerumunan. tetapi sadhu (orang suci Hindu) bertekad untuk berenang. Kita tidak bisa mencegah mereka," jelasnya.

Sebelumnya, festival keagamaan besar serupa di utara India tahun lalu membantu menyebarkan varian Delta yang menginfeksi jutaan orang dan menewaskan puluhan ribu orang.

Setiap tahun pada tanggal 14 Januari, pada hari Hindu penting Makar Sankranti, peziarah mengunjungi desa Gangasagar untuk berenang di pertemuan Sungai Gangga dan Teluk Benggala.

Dokter telah mengajukan banding ke pengadilan tinggi negara bagian untuk membalikkan keputusan untuk mengizinkan festival tahun ini, khawatir itu akan menjadi acara pemicu besar penyebaran virus.

India telah melaporkan total 35,88 juta infeksi Covid-19, penghitungan terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. Kematian meningkat 277 menjadi 484.213 pada hari Senin.

India melakukan 1,6 juta tes Covid-19 pada hari Senin, sementara kapasitasnya lebih dari 2 juta. Ini telah menurunkan kebutuhan untuk semua kontak dekat pasien yang dikonfirmasi untuk diuji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…