Ini Cara yang Benar dan Efek Menyimpan Roti di Dalam Kulkas Menurut Ahli

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Januari 2022 - 11:30 WIB

Menyimpan Roti di Dalam Lemari Es (Ist)
Menyimpan Roti di Dalam Lemari Es (Ist)

INDUSTRY.co.id - Roti merupakan salah satu menu sarapan yang paling praktis dikonsumsi masyarakat di pagi hari. Selain itu, roti juga dijadikan camilan bagi orang Indonesia. 

Sama seperti makanan dan minuman lainnya, roti juga memiliki masa kadaluwarsa. Biasanya, masa kadaluwarsa roti adalah tiga sampai lima hari. Jika lewat dari hari tersebut, roti akan berjamur dan tidak dapat dikonsumsi lagi.

Tetapi, sebelum memasuki tanggal kadaluwarsa roti juga bisa muncul jamur. Hal tersebut dikarenakan cara menyimpan roti yang salah dan tidak benar. 

Nah, dilansir dari laman Times of India, ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui cara menyimpan roti yang benar agar tidak mudah berjamur.  

Secara tradisional, di negara-negara barat untuk menyimpan roti ada kotak roti khusus di dapur. Namun, selama bertahun-tahun konsep kotak roti telah berubah dan kebanyakan orang lebih suka menyimpan roti di lemari es. Meskipun menghemat ruang dapur, apakah itu baik untuk kesehatan dan apakah itu mempengaruhi rasa dan tekstur? Inilah yang disarankan para ahli.

Sesuai laporan yang diterbitkan dalam jurnal digital, Kimberly Baker, direktur Program Makanan dan Keamanan Ekstensi di Clemson University, dia menyarankan bahwa mendinginkan roti mungkin tidak mengganggu hasil kesehatan roti, tetapi itu membuat roti kurang enak karena suhu dingin kulkas mengubah pati dalam roti untuk recrystallize dan kehilangan kelembaban. 

"Hilangnya kelembaban akan menyebabkan roti menjadi kering, keras, dan memberi roti rasa basi," katanya.

Cara kuno menyimpan roti adalah ide bagus karena roti dapat tetap baik bahkan dalam suhu ruangan normal. Dia lebih lanjut menambahkan, roti yang disimpan pada suhu ruangan akan memiliki kualitas terbaik jika digunakan dalam waktu tiga hingga lima hari.

Namun, dalam kasus roti dengan tanggal kadaluwarsa lima sampai tujuh hari. Dengan demikian, yang terbaik adalah mengonsumsi roti dalam jangka waktu tertentu atau jika kamu ingin mengonsumsi roti setelah jangka waktu yang diberikan, kamu dapat menyimpannya di dalam kulkas. Ini akan membantu dalam mempertahankan kesegaran roti untuk waktu yang lama. Selain itu, menyimpan roti dalam wadah kedap udara adalah cara mudah untuk menyimpan roti.

Sebelum menyimpan roti di dalam kulkas. kamu harus membungkusnya dalam plastik kedap udara. Hal ini dikarenakan untuk membuat tidak ada udara ruangan yang masuk dan mencegah roti lembab.  

Cara lain untuk menjaga roti tetap segar adalah dengan membungkus roti dengan baik dengan bungkus plastik dan kemudian menutupinya dengan aluminium foil. Ini juga akan mempertahankan kesegaran dan umur simpan roti.

Selanjutnya, dinginkan roti dan ini bisa bertahan hingga enam bulan. Tetapi disarankan untuk mengonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, kamu juga dapat menyimpan roti pada suhu ruangan normal dan mengonsumsinya dalam waktu dua sampai tiga hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.