Ini Cara yang Benar dan Efek Menyimpan Roti di Dalam Kulkas Menurut Ahli

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Januari 2022 - 11:30 WIB

Menyimpan Roti di Dalam Lemari Es (Ist)
Menyimpan Roti di Dalam Lemari Es (Ist)

INDUSTRY.co.id - Roti merupakan salah satu menu sarapan yang paling praktis dikonsumsi masyarakat di pagi hari. Selain itu, roti juga dijadikan camilan bagi orang Indonesia. 

Sama seperti makanan dan minuman lainnya, roti juga memiliki masa kadaluwarsa. Biasanya, masa kadaluwarsa roti adalah tiga sampai lima hari. Jika lewat dari hari tersebut, roti akan berjamur dan tidak dapat dikonsumsi lagi.

Tetapi, sebelum memasuki tanggal kadaluwarsa roti juga bisa muncul jamur. Hal tersebut dikarenakan cara menyimpan roti yang salah dan tidak benar. 

Nah, dilansir dari laman Times of India, ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui cara menyimpan roti yang benar agar tidak mudah berjamur.  

Secara tradisional, di negara-negara barat untuk menyimpan roti ada kotak roti khusus di dapur. Namun, selama bertahun-tahun konsep kotak roti telah berubah dan kebanyakan orang lebih suka menyimpan roti di lemari es. Meskipun menghemat ruang dapur, apakah itu baik untuk kesehatan dan apakah itu mempengaruhi rasa dan tekstur? Inilah yang disarankan para ahli.

Sesuai laporan yang diterbitkan dalam jurnal digital, Kimberly Baker, direktur Program Makanan dan Keamanan Ekstensi di Clemson University, dia menyarankan bahwa mendinginkan roti mungkin tidak mengganggu hasil kesehatan roti, tetapi itu membuat roti kurang enak karena suhu dingin kulkas mengubah pati dalam roti untuk recrystallize dan kehilangan kelembaban. 

"Hilangnya kelembaban akan menyebabkan roti menjadi kering, keras, dan memberi roti rasa basi," katanya.

Cara kuno menyimpan roti adalah ide bagus karena roti dapat tetap baik bahkan dalam suhu ruangan normal. Dia lebih lanjut menambahkan, roti yang disimpan pada suhu ruangan akan memiliki kualitas terbaik jika digunakan dalam waktu tiga hingga lima hari.

Namun, dalam kasus roti dengan tanggal kadaluwarsa lima sampai tujuh hari. Dengan demikian, yang terbaik adalah mengonsumsi roti dalam jangka waktu tertentu atau jika kamu ingin mengonsumsi roti setelah jangka waktu yang diberikan, kamu dapat menyimpannya di dalam kulkas. Ini akan membantu dalam mempertahankan kesegaran roti untuk waktu yang lama. Selain itu, menyimpan roti dalam wadah kedap udara adalah cara mudah untuk menyimpan roti.

Sebelum menyimpan roti di dalam kulkas. kamu harus membungkusnya dalam plastik kedap udara. Hal ini dikarenakan untuk membuat tidak ada udara ruangan yang masuk dan mencegah roti lembab.  

Cara lain untuk menjaga roti tetap segar adalah dengan membungkus roti dengan baik dengan bungkus plastik dan kemudian menutupinya dengan aluminium foil. Ini juga akan mempertahankan kesegaran dan umur simpan roti.

Selanjutnya, dinginkan roti dan ini bisa bertahan hingga enam bulan. Tetapi disarankan untuk mengonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, kamu juga dapat menyimpan roti pada suhu ruangan normal dan mengonsumsinya dalam waktu dua sampai tiga hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…