Siap-siap! Indonesia Bakal Segera Miliki Tiga Fasilitas Produksi Vaksin Covid-19

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Januari 2022 - 14:15 WIB

Vaksin Covid-19 (ist)
Vaksin Covid-19 (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) mengungkapkan Indonesia akan memiliki tiga fasilitas produksi vaksin Covid-19.

Dengan demikian, proses pembuatan produk untuk melawan virus Corona tersebut bisa dikembangkan dari dalam negeri.

Saat ini vaksin Zifivax yang dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical sudah memasuki tahap produksi dalam negeri. Vaksin yang dalam pendampingan BPOM ini, fasilitas pabriknya sedang dibangun di Indonesia.

“Sedang dalam tahap untuk diproduksi di dalam negeri, dalam tahap pembangunan fasilitas vaksin dalam negeri, pembangunan pabrik yang akan dilakukan tahap upstream hingga downtstream yakni bahan baku sampe fill and finish. Diharapkan proses cara pembuatan obat yang baik (CPOB0 nya selesai Agustus nanti, sehingga diharapkan bisa mulai diproduksi,” ujar Kepala BPOM, Penny Lukito, dalam Konferensi Pers Vaksin COVID-19 Dosis Booster/Lanjutan, Senin (10/1/2022).

Penny menambahkan, sambil menunggu PT JBio menyiapkan fasilitasnya, saat ini sudah dilakukan kerjasama tool manufacturing dengan Biotics Pharmatical untuk proses fill and finish vaksin Zifivax.

“Ini sesuatu yang menggembirakan, setidaknya ada fill and finish yang diproduksi di dalam negeri. Bertambahlah berbagai alternatif untuk pemilihan vaksin yang diproduksi dalam negeri,” tambahnya.

Dengan pembangunan pabrik ini, maka nantinya Indonesia akan memiliki 3 fasilitas produksi vaksin.

“Dengan berdirinya pabrik JBio ini, akan ada di Indonesia 3 fasilitas produksi vaksin selain Biopharma dan Biotics, Ini adalah hal yang positif, kita berkembang dari masa kedaruratan pandemi," terangnya.

"Dengan bertambahnya industri farmasi swasta Indonesia, aspek kemandirian obat dan vaksin sudah melangkah cukup jauh dalam 2 tahun kita menghadapi pandemi COVID-19,” pungkas Penny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:35 WIB

Berakhir 31 Mei 2022, Menperin Agus: Pengusaha Dapat Ajukan Dana Pembiayaan Migor Curah ke BPDPKS

Dalam rangka penyediaan minyak goreng (migor) curah dan optimalisasi pendistribusiannya untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil, pemerintah mengubah aturan penyediaan minyak…