Pastikan ! Mata Kuliah yang Pasti Dipelajari saat Mengambil Kuliah Periklanan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Januari 2022 - 08:45 WIB

BSI Periklanan
BSI Periklanan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Saat pertama kali mendengar kata Periklanan, tentu dipikiran kita berhubungan dengan promosi suatu produk barang/jasa. Namun, tau kah Anda lebih dari itu, jurusan Periklanan merupakan Ilmu yang mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan.

Bagi Anda  yang tertarik dengan jurusan Periklanan, berikut ini beberapa mata kuliah yang pasti akan kamu pelajari ketika mengambil jurusan Periklanan. 

Pengantar ilmu komunikasi

Pengantar ilmu komunikasi merupakan jurusan yang jelas akan dipelajarai mahasiswa periklanan untuk belajar tentang ilmu komunikasi. Di awal-awal semester, akan ada mata kuliah tentang pengantar ilmu komunikasi, komunikasi massa, mungkin mahasiswa juga akan mendapatkan psikologi komunikasi.

Dapat dikatakan, mata kuliah tersebut merupakan fondasi untuk mendalami ilmu komunikasi lainnya termasuk periklanan. Pengantar ilmu komunikasi biasa diberikan diawal perkuliahan sebagai pengenalan akan dunia komunikasi.

Dasar-Dasar Periklanan

Belajar itu tahap demi tahap, umumnya setiap mahasiswa jurusan Periklanan memulai tahap belajarnya dengan mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan. Hal yang paling mendasar dalam periklanan adalah masalah kreativitas, dan esensi dari kreativitas adalah originality dan uniqueness, sesuatu yang segar dan baru. 

Di mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan, kamu akan mempelajari ilmu tentang jenis-jenis iklan, kriteria iklan yang baik, anatomi perusahaan periklanan, bagaimana melahirkan kreativitas, tentang pengetahuan mengenai media periklanan serta etika dalam periklanan Indonesia.

Copywriting

Dalam dunia Periklanan, istilah Copywriter tentu bukan hal yang asing. Copywriting adalah orang yang menulis teks iklan. Jadi bisa dikatakan ada kerja keras dari copywriter disetiap iklan yang kita temukan di TV, radio, papan reklame, dan internet.

Apakah menulis teks iklan gampang? Tentu saja tidak, kalau gampang semua orang bisa jadi copywriter. Copywriting sendiri merupakan metode pembuatan tulisan yang mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jas yang diiklankan.

Copywriter andal dituntut untuk bisa membuat sebuah tulisan yang berkesan kalau bisa mengenang “abadi” bagi suatu brand. Contoh copywriting yang luar biasa ada pada orang yang menulis tagline “Aku dan kau, suka Dancow” atau “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro.”

Perencanaan Media Periklanan

 

Perencanaan media merupakan suatu rangkaian kegiatan penyampaian pesan promosi pada sasaran atau pengguna suatu produk. Perencanaan media merupakan suatu proses yang berisi sejumlah keputusan yang harus dibuat, dari bermacam-macam kemungkinan atau perubahan, sebagai pengembangan suatu rencana media.

Pemilihan media dalam beriklan tidak bisa sembarangan. Sebagai contoh, iklan camilan Chitato tidak mungkin ditayangkan di iNews TV pada pukul 10 malam. Pada mata kuliah ini, mahasiswa biasanya diajarkan untuk belajar menyesuaikan iklan dengan media penyebarannya. Inti dari mata kuliah ini adalah mengetahui target audiens.

Begitulah tadi ulasan tentang Program Studi (Prodi) Periklanan. Gimana tertarik kah kuliah di jurusan Periklanan? Sekarang bingung cari tempat kuliah? Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dapat menjadi rekomendasi pilihan yang cocok buat Anda .

Dengan biaya kuliah terjangkau ditambah dengan kualitas dan fasilitas yang mendukung menjadikan Program Studi Periklanan Universitas BSI jadi pilihan yang tepat. Yuk buruan daftarkan dirimu sekarang.

Saat ini, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kampus ini, sudah masuk pendaftaran Gelombang 1 sudah dibuka dari tanggal 1 Oktober 2021- 2 Februari 2022. Untuk pendaftarannya sendiri bisa melalui aplikasi PMB-UBSI yang bisa diunduh di playstore atau melalui laman https://bsi.pmbonline.id/.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).