Pastikan ! Mata Kuliah yang Pasti Dipelajari saat Mengambil Kuliah Periklanan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Januari 2022 - 08:45 WIB

BSI Periklanan
BSI Periklanan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Saat pertama kali mendengar kata Periklanan, tentu dipikiran kita berhubungan dengan promosi suatu produk barang/jasa. Namun, tau kah Anda lebih dari itu, jurusan Periklanan merupakan Ilmu yang mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan.

Bagi Anda  yang tertarik dengan jurusan Periklanan, berikut ini beberapa mata kuliah yang pasti akan kamu pelajari ketika mengambil jurusan Periklanan. 

Pengantar ilmu komunikasi

Pengantar ilmu komunikasi merupakan jurusan yang jelas akan dipelajarai mahasiswa periklanan untuk belajar tentang ilmu komunikasi. Di awal-awal semester, akan ada mata kuliah tentang pengantar ilmu komunikasi, komunikasi massa, mungkin mahasiswa juga akan mendapatkan psikologi komunikasi.

Dapat dikatakan, mata kuliah tersebut merupakan fondasi untuk mendalami ilmu komunikasi lainnya termasuk periklanan. Pengantar ilmu komunikasi biasa diberikan diawal perkuliahan sebagai pengenalan akan dunia komunikasi.

Dasar-Dasar Periklanan

Belajar itu tahap demi tahap, umumnya setiap mahasiswa jurusan Periklanan memulai tahap belajarnya dengan mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan. Hal yang paling mendasar dalam periklanan adalah masalah kreativitas, dan esensi dari kreativitas adalah originality dan uniqueness, sesuatu yang segar dan baru. 

Di mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan, kamu akan mempelajari ilmu tentang jenis-jenis iklan, kriteria iklan yang baik, anatomi perusahaan periklanan, bagaimana melahirkan kreativitas, tentang pengetahuan mengenai media periklanan serta etika dalam periklanan Indonesia.

Copywriting

Dalam dunia Periklanan, istilah Copywriter tentu bukan hal yang asing. Copywriting adalah orang yang menulis teks iklan. Jadi bisa dikatakan ada kerja keras dari copywriter disetiap iklan yang kita temukan di TV, radio, papan reklame, dan internet.

Apakah menulis teks iklan gampang? Tentu saja tidak, kalau gampang semua orang bisa jadi copywriter. Copywriting sendiri merupakan metode pembuatan tulisan yang mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jas yang diiklankan.

Copywriter andal dituntut untuk bisa membuat sebuah tulisan yang berkesan kalau bisa mengenang “abadi” bagi suatu brand. Contoh copywriting yang luar biasa ada pada orang yang menulis tagline “Aku dan kau, suka Dancow” atau “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro.”

Perencanaan Media Periklanan

 

Perencanaan media merupakan suatu rangkaian kegiatan penyampaian pesan promosi pada sasaran atau pengguna suatu produk. Perencanaan media merupakan suatu proses yang berisi sejumlah keputusan yang harus dibuat, dari bermacam-macam kemungkinan atau perubahan, sebagai pengembangan suatu rencana media.

Pemilihan media dalam beriklan tidak bisa sembarangan. Sebagai contoh, iklan camilan Chitato tidak mungkin ditayangkan di iNews TV pada pukul 10 malam. Pada mata kuliah ini, mahasiswa biasanya diajarkan untuk belajar menyesuaikan iklan dengan media penyebarannya. Inti dari mata kuliah ini adalah mengetahui target audiens.

Begitulah tadi ulasan tentang Program Studi (Prodi) Periklanan. Gimana tertarik kah kuliah di jurusan Periklanan? Sekarang bingung cari tempat kuliah? Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dapat menjadi rekomendasi pilihan yang cocok buat Anda .

Dengan biaya kuliah terjangkau ditambah dengan kualitas dan fasilitas yang mendukung menjadikan Program Studi Periklanan Universitas BSI jadi pilihan yang tepat. Yuk buruan daftarkan dirimu sekarang.

Saat ini, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kampus ini, sudah masuk pendaftaran Gelombang 1 sudah dibuka dari tanggal 1 Oktober 2021- 2 Februari 2022. Untuk pendaftarannya sendiri bisa melalui aplikasi PMB-UBSI yang bisa diunduh di playstore atau melalui laman https://bsi.pmbonline.id/.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Clinton Augusto

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:00 WIB

Clinton Augusto Bagikan Tips Menaikan Berat Badan Secara Alami dengan RimbaLife

Punya badan kurang berisi tidak selamanya menjadi dambaan setiap orang, Banyak Orang yang masih bingung atau mungkin udah menyerah untuk bisa menaikan berat badannya, bahkan banyak yang melakukan…

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…