Pemusik Underground Meita Kasim Rilis Novel OUT OF ORDER, The Tales of the Urban Misfits

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 Januari 2022 - 12:00 WIB

Meita Kasim
Meita Kasim

INDUSTRY.co.id -Jakarta – Meita Kasim memulai karir menulisnya pada tahun 1990-an, sebagai penulis naskah kreatif di Hard Rock FM Jakarta, sebuah stasiun radio pelopor gaya hidup dan hiburan. Dia juga bekerja sebagai Direktur Musik, Penyiar, dan Produser beberapa acara radio mereka.

Meita masih menjadi frontlady dari grup musik bernama Wondergel, band all-girl paling berpengaruh yang muncul dari skena musik underground di tahun 90-an dan masih aktif sampai sekarang. Meita saat ini tinggal di Wina, Austria

UT OF ORDER adalah debut novel karya Meita Kasim yang sedianya bakal diluncurkan secara resmi pada 6 Januari. Sebagai buku pertama dari serial bertajuk The Tales of the Urban Misfits, karya fiksi setebal 300-an halaman ini ditulis dalam genre coming-of-age (peralihan masa remaja menuju dewasa) yang terinspirasi oleh kisah nyata penulis.

Ditulis dalam bahasa Inggris, novel ini menghadirkan kisah protagonist bernama Sigi, seorang gadis usia akhir remaja yang hidup di Jakarta era 1990-an dengan latar belakang kondisi sosial politik di Indonesia –sebuah negara dengan mayoritas Muslim dan kuasa militer yang dominan.

Saat masih menjadi siswa sekolah menengah, diam-diam Sigi membentuk grup band alternatif bernama Wanderlust dengan beranggotakan semuanya perempuan –yang kala itu sangat tidak lazim di kancah musik underground– dan menjadi penyiar di sebuah stasiun radio. Dalam kodratnya sebagai gadis Muslim, hasrat kreatifnya ini membangkitkan penilaian negatif dari lingkungan serta sekaligus mengalami tindak pelecehan karena keperempuanannya.

Dibayang-bayangi sosok ibunya yang sangat mengendalikan, Sigi lantas mendambakan dirinya menjadi jiwa yang bebas. Sementara itu ekskalasi kancah musik bawah tanah yang didominasi oleh laki-laki, serta kontroversi dari dalam dirinya sendiri tengah meningkat kontroversinya.

Terlepas dari semua rintangan tersebut, Sigi dengan berani mengikuti jalannya sendiri dan menentang semua konstruksi waktunya, untuk menemukan suaranya yang benar dan unik; pilihan yang seringkali menyakitkan, menginspirasi, dan, pada akhirnya, penuh harapan.

Ringkasan Cerita

Novel OUT OF ORDER – The Tales of the Urban Misfits dibuka dengan kerusuhan konser Metallica di tahun 1993. Saat itu, usia Sigi baru 18 tahun, dan hadir bersama pacar di konser tersebut. Ternyata, acara berakhir dengan kerusuhan besar yang nyaris membahayakan nyawanya.

Cerita berlanjut dengan sebuah konflik rahasia yang terjadi antara Sigi dan pacarnya. Konflik yang nantinya akan dibuka di Bab 14 ini, menyebabkan terjadinya perubahan diri dan karakter yang signifikan bagi Sigi.

Kemudian pembaca akan dibawa masuk ke dalam dunia Sigi berkenalan dengan keluarganya, personil-personil band Wanderlust, rekan-rekan penyiar di Radio PV. Hadir pula beberapa tokoh pria yang besar pengaruhnya bagi Sigi, teman-teman sekolahnya, dan juga teman-teman baru dari komunitas the Young Offender, yang beranggotakan personil band-band dan penikmat musik punk/alternatif pertama di Indonesia. Pembaca juga akan diajak menyerap aura bawah tanah beberapa acara musik, termasuk salah satunya The Blackhole, acara underground pionir di Jakarta.

Selain dunia percintaannya, konflik demi konflik pun terus terjadi di lingkungan keluarga Sigi dan di sekolahnya. Namun, pada akhirnya, Sigi berhasil mengatasi semuanya, dan menyadari bakat dan potensi yg di milikinya.

Tentang Penulis: Meita Kasim

Awal tahun 2000 Meita pindah ke Bali dan melanjutkan karirnya sebagai Penyiar dan Program Director di Hard Rock Radio, sambil tetap fokus menulis sebagai penulis penuh waktu untuk majalah The Beat Entertainment Bali dan Let’s Eat!.

Pada tahun 2008, Meita membangun The Beat United, agensi musik internasionalnya sendiri. Dia juga bekerja paruh waktu sebagai pekerja festival internasional seperti the Ubud Writers and Readers Festival, and Earth Day Festival.

Setelah pindah ke Hong Kong pada tahun 2011, Meita bekerja sebentar sebagai DJ paruh waktu dan guru bahasa di Pusat Pembelajaran Bahasa Hong Kong. Sekembalinya ke Bali tiga tahun kemudian, ia menulis novel debutnya, yang terinspirasi oleh kisah kedewasaannya sendiri.
Tentang Editor: Dr. Margie Ellery

Margie Ellery dibesarkan di sebuah peternakan di Balingup di barat daya Australia Barat. Dia memiliki hasrat seumur hidup untuk musik, membaca, bahasa, bepergian, penelitian, dan menulis. Dia tidak menyelesaikan sekolah menengah; melainkan dia keluar lebih awal dan pekerjaan pertamanya adalah bekerja di perpustakaan. Dia segera pindah ke peluang lain dan bekerja di sektor pertambangan sepanjang akhir 1970-an dan 1980-an. Selama tahun-tahun ini, dia bepergian secara luas ke Eropa dan Asia Tenggara, dan dia tinggal selama beberapa waktu di London, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Kesempatan berdiskusi dengan seorang teman di tahun 1990-an memberinya semangat untuk mendaftar di University of Western Australia (UWA). Dia menyelesaikan Sarjana Bahasa Inggrisnya pada tahun 1996, dan melanjutkan untuk lulus dengan First Class Honours pada tahun 1998. Universitas ini mendorongnya untuk mengambil gelar Doktor, dan dia mengajar di UWA selama periode ini. Tesisnya meneliti hubungan selama Perang Dingin antara politik Amerika dan politik internasional, gerakan nasionalistik global, agama-agama besar dunia, dan spiritualitas pribumi. Dia dianugerahi gelar PhD pada tahun 2008.

Sejak itu, dia bekerja di sistem pendidikan penjara Australia Barat, dan menghabiskan beberapa tahun di bidang Kesehatan dan Keselamatan di industri konstruksi.

Dia juga telah tinggal selama bertahun-tahun di Bali, dan bekerja di Jakarta mengajar sastra Inggris dan Amerika. Baru-baru ini, ia membagi waktunya antara Australia dan Indonesia, sebagian besar di Jawa di mana ia aktif terlibat dalam berbagai komunitas musik. Ia telah menggarap sejumlah narasi musik Indonesia baik di media cetak maupun film. Waktu lalu favoritnya adalah menghadiri festival musik besar di Jawa Barat.

Namun, dengan pembatasan perjalanan situasi Covid-19 saat ini, Margie telah kembali ke Australia Barat dan bekerja untuk Yayasan Disleksia sambil menjalankan bisnis les privatnya sendiri untuk siswa sekolah dasar, sekolah menengah, dan universitas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…