Bangun Smart-Eco City, Jababeka Gelar Jababeka Eco Award

Oleh : Ridwan | Jumat, 31 Desember 2021 - 06:05 WIB

Tjahjadi Rahardja, Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk.
Tjahjadi Rahardja, Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk.

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk berkomitmen untuk konsisten menjaga kebersihan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di Kota Jababeka, Cikarang maupun di desa-desa sekitar kawasan. 

Salah satunya melalui program Jababeka Eco Award, ajang lomba kebersihan untuk mengapresiasi pencapaian rukun warga (RW) yang mampu menjaga kebersihan lingkungan yang berada di sekitar kawasan Jababeka dan berdedikasi dalam mewujudkan Smart Eco City.

Tjahjadi Rahardja selaku Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk menjelaskan bahwa Jababeka telah berubah, yang dahulu dimulai sebagai kawasan industri, sekarang sudah menjadi kota modern yang mandiri melalui hadirnya kawasan hunian asri dan komersial serta berbagai fasilitas terdepan. 

Apakah itu fasilitas sekolah hingga universitas bertaraf internasional, 3 rumah sakit bertaraf nasional, Jababeka Golf & Country Club, dan sarana olahraga berkelas internasional, sarana transportasi, dan pusat perbelanjaan modern seperti Living Plaza Jababeka dan Hollywood Junction Lifestyle Center. 

Kemudian, sekarang Jababeka mengarah ingin menjadi kota modern yang mandiri sekaligus bisa memenuhi kebutuhan untuk generasi sekarang maupun masa depan, yaitu mengembangkan konsep Smart Eco City. Oleh karenanya, kegiatan Jababeka Eco Award didasarkan kepada keinginan Kota Jababeka menjadi Smart Eco City. 

Lebih dalam, Tjahjadi menambahkan bahwa tujuan menggelar Jababeka Eco Award adalah mengajak masyarakat di sekitar kawasan Jababeka untuk sama-sama menjaga lingkungan dan membangun Smart Eco City. Sehingga lingkungan desa-desa di sekitar kawasan Jababeka menjadi lingkungan yang bersih, hijau, kesehatan masyarakat terjamin dan mewujudkan Smart Eco City. Sebab, tanpa partisipasi masyarakat setempat, pembangunan Smart Eco City tidak berjalan efektif.

Sementara Mayjen TNI (Purn) Sumardi selaku Head of city council Jababeka menambahkan, “Lebih dalam, harapan kami dengan hadirnya Jababeka Eco Award ialah terjadi sinergi dalam menjaga lingkungan dari pemerintah, Jababeka dan masyarakat setempat,” terang Sumardi, saat pembukaan acara di lantai ground, Hollywood Junction Jababeka, Kota Jababeka, Selasa (28/12/2021)

Sumardi menceritakan, target Jababeka Eco Award ialah pihaknya akan mengajak rukun warga (RW) di wilayah di sekitar kawasan Jababeka yaitu Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Pusat dan terdiri dari: 5 desa yaitu Desa Mekar Mukti, Desa Simpangan, Desa Jatireja, Desa Serta Jaya, Desa Jaya Mukti dimana total ada sekitar 27 RW. 

Bagi RW yang memenangkan Jababeka Eco Award, Jababeka telah menyediakan hadiah total puluhan juta rupiah. Adapun periode lomba kebersihan bertagline Synergy to Build Smart- Eco City ini dimulai dari Desember 2021 - Mei 2022 dan pemberian penghargaan direncanakan akan dilakukan pada bulan Juni 2022. 

Sementara aspek penilaiannya, kata Sumardi, ialah berdasarkan kebersihan, kehijauan dan kerapian.

“Untuk mendapat hasil penilaian, nanti teknisnya tim Jababeka dan tim penilai dari Lingkungan Hidup akan datang ke setiap RW secara berkala untuk melihat seperti apa progres hingga selesai pengimplementasian program mereka,” urai Sumardi. 

Sumardi juga menjelaskan bahwa Jababeka Eco Award akan digelar setiap tahun dan tidak hanya berfokus pada kebersihan, pengolahan sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan memaksimalkan fungsi saluran drainase. Tapi tidak menutup kemungkinan acara di tahun tahun selanjutnya akan lebih berkembang lagi, seperti energi yang terbarukan.

Menanggapi hal tersebut, H Akhmad Marjuki, SE selaku Plt Bupati Kabupaten Bekasi, menyambut baik program lomba kebersihan Jababeka Eco Award yang digelar Jababeka. Karena ia yakin kehadiran program ini akan bakal meningkatkan motivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan mereka.

“Mudah-mudahan yang sudah direncanakan pagi hari ini dapat ridho Allah swt. Sehingga nantinya dapat kemudahan, sehingga apa yang dicita-citakan Jababeka bisa mudah terwujud,” kata Akhmad Marjuki.

Dalam sambutannya, Akhmad Marjuki juga menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasih kepada PT Jababeka Tbk. Karena, bukan hanya telah mengadakan kegiatan positif Jababeka Eco Award untuk membangun Smart Eco City di Kabupaten Bekasi, Jababeka juga berkontribusi aktif yang dalam berbagai hal. Mulai dari membantu pencegahan covid sampai membantu pemerintah kabupaten dalam peningkatan kualitas hidup dan kemakmuran masyarakat.

Oleh karenanya, Akhmad Marjuki mengarahkan para semua perangkat daerah untuk mendukung program Jababeka Eco Award agar bisa berjalan dengan lancar dan para RW turut berpartisipasi aktif.

“Membangun Smart Eco City ini, tentu saja, sejalan dengan visi pemerintah daerah dalam penataan, khususnya di daerah Kabupaten Bekasi. Karena sejalan dengan program pemerintah daerah. Oleh karena itu, saya juga mendorong perangkat daerah, termasuk para camat, lurah dan kepala desa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menghidupkan Smart Eco City di Kabupaten Bekasi ini,” ungkapnya.

Itu karena, pungkas Akhmad Marjuki, pihaknya sadar tanpa ada partisipasi dan semangat dari perangkat daerah dan seluruh elemen terkait, cita-cita Smart Eco City akan sulit terwujud. 

Tak lupa Akhmad Marjuki menghimbau untuk masyarakat di 5 desa di sekitar Kabupaten Bekasi untuk memiliki semangat yang sama bahwa betapa pentingnya Smart Eco City yang dikembangkan Jababeka ini.

“Jika program ini rampung dilakukan, manfaatnya tidak hanya secara jangka pendek tapi juga jangka panjang bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan pemerintah daerah. Saya berharap kedepannya kita terus membangun sinergitas dengan Jababeka untuk membangun Smart Eco City ini,” kata Akhmad Marjuki.

Adapun dalam acara tersebut dihadiri juga oleh Suciati Dewi selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kabupaten Bekasi, Enop Can selaku Camat dari Cikarang Utara, Ropi selaku Camat dari Cikarang Timur, Suwanto selaku Camat dari Cikarang Pusat, Marcus Lee selaku Managing Director Jababeka Residence, Eric Limansantoso selaku General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Agung Sujatmiko dari Estate and Property Management dan peserta lomba kebersihan Jababeka Eco Award. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…