Satyamitra Kemas Lestari Pede Mampu Capai Kenaikan Penjualan Sebesar 26 Persen di Akhir 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 Desember 2021 - 16:50 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk.
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, optimis dapat mencapai kenaikan penjualan pada akhir tahun 2021 sebesar 26%.

Hal ini karena SMKL telah mendapatkan kepercayaan dari para customer melalui kualitas produk yang dihasilkan. Melihat prospek bisnis Perseroan ke depan, SMKL juga menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15% pada tahun 2022.

Ang Kinardo selaku Direktur Utama SMKL, mengatakan, SMKL terus meningkatkan kinerjanya seiring dengan membuat produk-produk berkualitas yang memenuhi keinginan dan syarat dari mitranya. Oleh karena itu, perseroan optimis dapat mencapai kenaikan penjualan untuk kinerja kedepannya.

"SMKL juga telah mendapatkan kepercayaan para mitra kami dengan terus berkomitmen melaksanakan bisnis berkelanjutan yang dibuktikan dengan diraihnya sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) yang kami miliki. Sertifikasi FSC merupakan upaya SMKL untuk fokus pada sistem keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi kinerja SMKL," kata Ang Kinardo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (29/12/2021).

Sertifikasi FSC merupakan sertifikasi yang menyatakan bahwa produk yang digunakan ialah berasal dari hutan dengan pengelolaan yang baik dan memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Guna memenuhi sertifikasi ini, SMKL melakukan audit setiap tahun untuk memastikan sistem berjalan sesuai dengan ketentuan standar sertifikasi yangada. Sertifikasi FSC ini juga salah satu upaya SMKL dalam peduli akan kelestarian lingkungan.

Di sisi lain, dalam mempersiapkan era pajak karbon pada April 2022 mendatang, SMKL juga berencana akan memasang solar panel untuk mengurangi penggunaan karbon di pabrik.

“SMKL sangat fokus pada bisnis keberlanjutan, yang mana hal ini juga menjadi syarat beberapa kemitraan kami. Jika berjalan dengan lancar, tahun depan rencananya kami akan memasang solar panel, saat ini sedang proses kontrak dengan suppliernya. Menyambut era pajak karbon ini, kami juga ada mesin untuk collect waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar dapat mereka daur ulang,” jelas Ang Kinardo.

Sebagai informasi, pada Kuartal III-2021 SMKL berhasil menumbuhkan penjualan sebesar 22% YoY. Laba bersih setelah pajak juga tercatat meningkat signifikan sebesar 268,3% YoY, yaitu sebesar Rp72,1 miliar dari tahun sebelumnya Rp19,6 miliar.

Adapun kontribusi penjualan SMKL pada Kuartal III-2021 ini berasal dari segmen Carton Box sebesar Rp872,6 miliar, Offset Printing sebesar Rp355 miliar, Pre-print sebesar Rp232,8 miliar, dan Rigid Box sebesar Rp73,9 miliar. Kontribusi penjualan terbesar SMKL berasal dari segmen Carton Box yang meningkat 23,1% YoY dan Offset Printing yang bertumbuh 22,3% YoY.

“Oleh karena itu, SMKL optimis dapat mencapai peningkatan penjualan pada akhir tahun 2021 dan menargetkan pertumbuhan penjualan pada tahun 2022, yaitu dengan terus berusaha membangun kepercayaan yang kuat dengan setiap mitra bisnis kami untuk jangka waktu kerja sama yang panjang. Hal ini dapat diwujudkan dengan telah dipenuhinya berbagai ketentuan dari para mitra bisnis kami melalui bisnis keberlanjutan yang diterapkan SMKL dan adanya sertifikasi-sertifikasi yang dimiliki, salah satunya sertifikasi FSC,” tutup Ang Kinardo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…