Satyamitra Kemas Lestari Pede Mampu Capai Kenaikan Penjualan Sebesar 26 Persen di Akhir 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 Desember 2021 - 16:50 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk.
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, optimis dapat mencapai kenaikan penjualan pada akhir tahun 2021 sebesar 26%.

Hal ini karena SMKL telah mendapatkan kepercayaan dari para customer melalui kualitas produk yang dihasilkan. Melihat prospek bisnis Perseroan ke depan, SMKL juga menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15% pada tahun 2022.

Ang Kinardo selaku Direktur Utama SMKL, mengatakan, SMKL terus meningkatkan kinerjanya seiring dengan membuat produk-produk berkualitas yang memenuhi keinginan dan syarat dari mitranya. Oleh karena itu, perseroan optimis dapat mencapai kenaikan penjualan untuk kinerja kedepannya.

"SMKL juga telah mendapatkan kepercayaan para mitra kami dengan terus berkomitmen melaksanakan bisnis berkelanjutan yang dibuktikan dengan diraihnya sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) yang kami miliki. Sertifikasi FSC merupakan upaya SMKL untuk fokus pada sistem keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi kinerja SMKL," kata Ang Kinardo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (29/12/2021).

Sertifikasi FSC merupakan sertifikasi yang menyatakan bahwa produk yang digunakan ialah berasal dari hutan dengan pengelolaan yang baik dan memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Guna memenuhi sertifikasi ini, SMKL melakukan audit setiap tahun untuk memastikan sistem berjalan sesuai dengan ketentuan standar sertifikasi yangada. Sertifikasi FSC ini juga salah satu upaya SMKL dalam peduli akan kelestarian lingkungan.

Di sisi lain, dalam mempersiapkan era pajak karbon pada April 2022 mendatang, SMKL juga berencana akan memasang solar panel untuk mengurangi penggunaan karbon di pabrik.

“SMKL sangat fokus pada bisnis keberlanjutan, yang mana hal ini juga menjadi syarat beberapa kemitraan kami. Jika berjalan dengan lancar, tahun depan rencananya kami akan memasang solar panel, saat ini sedang proses kontrak dengan suppliernya. Menyambut era pajak karbon ini, kami juga ada mesin untuk collect waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar dapat mereka daur ulang,” jelas Ang Kinardo.

Sebagai informasi, pada Kuartal III-2021 SMKL berhasil menumbuhkan penjualan sebesar 22% YoY. Laba bersih setelah pajak juga tercatat meningkat signifikan sebesar 268,3% YoY, yaitu sebesar Rp72,1 miliar dari tahun sebelumnya Rp19,6 miliar.

Adapun kontribusi penjualan SMKL pada Kuartal III-2021 ini berasal dari segmen Carton Box sebesar Rp872,6 miliar, Offset Printing sebesar Rp355 miliar, Pre-print sebesar Rp232,8 miliar, dan Rigid Box sebesar Rp73,9 miliar. Kontribusi penjualan terbesar SMKL berasal dari segmen Carton Box yang meningkat 23,1% YoY dan Offset Printing yang bertumbuh 22,3% YoY.

“Oleh karena itu, SMKL optimis dapat mencapai peningkatan penjualan pada akhir tahun 2021 dan menargetkan pertumbuhan penjualan pada tahun 2022, yaitu dengan terus berusaha membangun kepercayaan yang kuat dengan setiap mitra bisnis kami untuk jangka waktu kerja sama yang panjang. Hal ini dapat diwujudkan dengan telah dipenuhinya berbagai ketentuan dari para mitra bisnis kami melalui bisnis keberlanjutan yang diterapkan SMKL dan adanya sertifikasi-sertifikasi yang dimiliki, salah satunya sertifikasi FSC,” tutup Ang Kinardo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…