Kazee Insight Soal Pemadam Listrik Massal

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 16 Agustus 2019 - 18:53 WIB

INDUSTRY.co.idKazee Insight Soal Pemadam Listrik Massal - Jakarta - Pada Minggu, 4 Agustus lalu Indonesia mengalami pemadaman listrik massal di sejumlah daerah yang merupakan dampak dari gempa Banten pada Jumat, 2 Agustus 2019.

Daerah yang terkena pemadaman listrik khususnya daerah Jabodetabek, Jawa dan Bali. Dengan adanya kejadian tersebut, berbagai aktivitas sempat tersendat dan menyebabkan kerugian material yang cukup banyak. Hal itu pun membuat reputasi PT PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN menjadi buruk.

Melihat hal tersebut, Kazee sebagai Startup Data Analitycs terkemuka di Indonesia mencoba menyajikan serta memetakan data dan isu strategis yang berhubungan dengan topik Perusahaan Listrik Negara dalam kurun waktu 4-7 Agustus 2019.

Data-data yang disajikan disusun berdasarkan hasil pengolahan big data dan dikurasi secara komprehensif mengikuti dinamika isu terkait PLN.

"Kami menghimpun data keseluruhan dalam sistem kazee dari berbagai platform media online dengan sumber lokal sebanyak 3960, sumber nasional 805 dan sumber internasional 899," tutur Ariya Sanjaya, CEO PT Kazee Digital Indonesia kepada Industry.co.id Jumat (16/8).

Dalam memperoleh peringkat isu Perusahaan Listik Negara, Kazee menggunakan analisis big data. Menggunakan query umum yang digunakan dalam sistem Kazee dan kemudian diekstraksi dengan query-query yang lebih spesifik: yaitu nama intansi, nama narasumber, objek atau subjek dalam pemberitaan.

Setelah itu sistem secara otomatis mengurutkan ekspos tiap isu. Data yang dihimpun dalam sistem terhitung sejak 4 – 7 Agustus 2019, sehingga menghasilkan data-data yang tersaji dalam Insight ini.

Dari 119.738 total data yang didapat oleh sistem, Twitter mendominasi isu terkait PLN dengan 109.507 kicauan, baik itu mengenai topik yang dibicarakan netizen maupun pemberitaan.

Senada dengan itu, portal media online dan juga platform media sosial Facebook, Youtube, serta Instagram turut membagikan konten mengenai PLN.

Berikut data yang beredar di media sosial dari 119.738 total data. Twitter : 109.507 91,46% News : 8.882 7,42% Facebook : 645 0,54% Youtube : 445 0,37% Instagram : 259 0,22%

Tagar Populer

Dalam platform Twitter, hashtag atau tagar yang paling aktif digaungkan oleh netizen adalah #matilampu yang mencakup semua informasi mengenai pemadaman listrik massal pada sejumlah daerah Jawa dan Bali.

Informasi itu banyak dikicaukan netizen yang dikemas dalam bentuk Thread atau Kultwit, foto, video, dan meme. Akun portal media online @kumparan, @antaranews, dan @KompasTV lebih aktif mengicaukan informasi tersebut dalam linimasa Twitter serta diikuti tagar #matilampu.

"Tagar tersebut dikicaukan netizen sebanyak 5.662 konten sepanjang 4 - 7 Agustus 2019," ujar Ariya.

Kata Kunci Populer

Sepanjang 4 - 7 Agustus 2019, terdapat kata kunci “Listrik” yang aktif digunakan dalam penyusunan judul dan konten berita serta dimuat dalam platform media online juga media sosial sebanyak 10.953 kata.

"Hal ini dikarenakan listrik yang menjadi kebutuhan masyarakat, padam dalam jangka waktu yang amat lama dan berdampak pada kerugian perekonomian Indonesia," pungkas Ariya.