Sejuta Wisatawan akan Kunjungi Sumbar Saat Libur Lebaran

Oleh : Herry Barus | Jumat, 31 Mei 2019 - 13:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Padang- Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wisata diminta untuk memberikan pelayanan terbaik.

"Wisatawan datang dari berbagai daerah dan negara, sebagian besar adalah pemudik," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian, di Padang, kemarin.

Ia menyebutkan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah mengeluarkan sejumlah imbauan kepada kabupaten dan kota terkait pelayanan terhadap wisatawan.

Imbauan itu di antaranya menertibkan usaha terkait pariwisata, penertiban parkir, agar jangan semena-mena menentukan tarif karena praktik itu sangat merugikan nama daerah di mata wisatawan.

Selain itu, kebersihan destinasi wisata, terutama toilet juga diminta untuk dijaga, agar wisatawan merasa nyaman di Sumbar.

"Promosi melalui mulut ke mulut efektif untuk pariwisata, tetapi yang jelek-jelek juga bisa cepat menyebar, karena itu kita berupaya agar wisatawan benar-benar bisa nyaman di Sumbar," katanya lagi.

Terkait destinasi wisata unggulan Sumbar yang diprediksi akan ramai dikunjungi selama libur Lebaran masih hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu yang berada pada jalur Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Batusangkar-Harau.

"Lembah Anai, Sate Mak Syukur, Pusat Dokumentasi di Padang Panjang, Ngarai Sianok, Jam Gadang, Istano Pagaruyung, dan Harau biasanya menjadi destinasi wisata favorit selama Lebaran," ujarnya pula.

Destinasi di Pariaman juga akan ramai dikunjungi, apalagi setelah ada Pariaman Water Front City.

Kawasan Wisata Mandeh diprediksi juga akan ramai, apalagi setelah jalan lingkar sudah selesai.

"Danau Kembar, Danau Singkarak, dan Puncak Lawang juga diperkirakan akan ramai," katanya pula. (Ant)