Keindahan Alam dan Budaya Unggulan Industri Pariwisata NTT

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 21:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Kupang- Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Anging Mamari menilai sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat menjadi daerah tujuan wisata dunia, karena beragam keindahan alam dan budayanya.

"Saya dua hari di Maumere, kabupaten Sikka sempat meninjau beberepa kawasan wisata di sana, dan resort. Keindahan alamnya sangat bagus," kata Sekretaris LSP Anging Mamari Gita Nelwan kepada Antara di Kupang, Senin (15/5/2019)

Ia mengaku walaupun hanya beberapa hari di Maumere, namun ia yakin daerah lain di NTT juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Gita mengaku bahwa dirinya bersama sejumlah rekan-rekannya sempat mendaki ke puncak gunung tiga warna danau Kelimutu untuk melihat keindahan alamnya.

"Pasaran wisata NTT ini sudah mendunia. Oleh karena itu tidak heran jika NTT saat ini menjadi daerah tujuan wisata," ujar dia.

NTT sendiri juga, menurut dia, mampu menjadi Bali keduanya Indonesia karena mempunyai daerah yang eksotis untuk dikunjungi.

Sebenarnya, baik Bali, Lombok dan NTT adalah daerah-daerah yang eksotis yang bisa dijual untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat, katanya.

Namun semua itu kembali lagi ke pemerintah daerahnya, bagaimana mengelola kawasan wisata itu menjadi kawasan yang menghasilkan uang dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, dirinya menilai sumber daya manusia (SDM)-nya juga harus disiapkan, khususnya pelaku-pelaku usaha di sektor pariwisata.