Tarik Wisman, Kemenpar Siapkan Wisata Religi Danau Toba

Oleh : Ridwan | Senin, 17 September 2018 - 07:04 WIB

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Kementerian Patiwisata (Kemenpar) terus mempromosikan wisata Danau Toba yang merupakan salah satu daerah wisata yang masuk dalam program pengembangan 10 Bali Baru. 

Berbagai promosi terus dilakukan oleh Kemenpar salah satunya dengan menyediakan wisata religi dan seni budaya di kawasan danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Tendy Nuralam selaku Wakil Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi dan Seni Budaya Kementerian Pariwisata seusai acara Talkshow 'Ayo ke Toba' di Surabaya, Jawa Timur, Minggu ggu (16/9/2018).

Dijelaskan Tendy, saat ini sudah banyak restoran atau rumah makan muslim yang menyediakan menu manakan halal.

"Misalnya di Parapat, disana mayoritas penduduknya beragama muslim. Jadi untuk wisatawan muslim kami undang untuk berlibur di Danau Toba dan menikmati hidangan halal yang lezat ala orang medan," tambah Tendy. 

Lebih lanjut, Tendy mengungkapkan, pihaknya tengah meningkatkan wisata religi dan seni budaya khususnya untuk umat muslim. Bahkan, pihaknya tengah gencar mempromosikan program 'Muslim Friendly'. 

"Semua yang ada di program tersebut khusus buat wisatawan muslim yang ingin menikmati kuliner khas muslim dan wisata religi," terangnya.

Tendy menambahkan, untuk menarik wisatwan tahu terlebih dahulu tentang wisata Danau Toba, pihaknya tengah gencar mengadakan event-event antara lain, event musik, olah raga, seni budaya dan lainnya. 

"Jadi event-event budaya dan partisipaai rakyat disana yang kita tingkatkan. Ini bagian dari tugas kita untuk mengembalikan kejayaan Danau Toba di masa lalu," tutur Tendy.