Perkuat Program e-Smart IKM, Kemenperin Teken MoU Dengan Gojek, Ralali.com serta Dusdusan.com

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 September 2018 - 18:10 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com), Serta PT Dusdusan Dotcom (Dusdusan.com).

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Dirjen IKM Gati Wibawaningsih bertepatan dengan peluncuran kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup di Ruang Garuda  Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

"Kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat program e-Smart IKM yang sudah kami mulai sejak tahun 2017, selain itu juga untuk memperluas akses pasar IKM melalui e-commerce," ungkap Gati. 

Sampai saat ini, program e-Smart IKM telah dilaksanakan di 22 Provinsi dengan melibatkan lima lembaga (Bank Indonesia, BNI, Google, iDEA, dan Kementerian Kominfo) dan Pemerintah Provinsi, Kota serta Kabupaten.

Program e-Smart IKM juga telah bekerjasama dengan lima marketplace dalam negeri yaitu, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli, dan Blanja.com.

Sampai saat ini, program e-Smart IKM ini telah diikuti oleh lebih dari 4.000 IKM dan membukukan transaksi Rp 1,3 miliar sampai dengan bulan Agustus 2018 lalu. 

Menurut Gati, pemberdayaan IKM melalui teknologi digital juga merupakan salah satu prioritas dalam Making Indonesia 4.0.

"Oleh karena itu, kami harap kerja sama dengan Gojek, Ralali, Dusdusan dapat mengatasi kendala yang dihadapi oleh IKM dalam memasarkan produknya secara online seperti keterbatasan SDM dan kanal marketplace yang sesuai," tutur Gati.