Gaet Wisatawan Mancanegara, Kemenpar Targetkan 10 Pasar Tahun 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 17 Oktober 2017 - 10:40 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Begitu banyak cara yang dilakukan pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata untuk menggaet wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satunya dengan mempromosikan Indonesia ke luar negeri.

Tentunya untuk mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara, tentunya promosi serta pemasaran terus digencar oleh Kementerian Pariwisata, dan pastintya ada target pasar yang ditentukan.

Hal ini telah diungkapkan oleh I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, yang mengatakan adapun 10 target pasar pada tahun 2018. "Adapun 10 target pasar mancanegara pada tahun 2018 seperti Cina, Eropa, Australia, Singapura, Malayasia, India, Amerika, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan," ujar Pitana di Jakarta, Senin (16/10/2017).

Ia juga mengungkapkan, adapun cara untuk melakukan promosi serta strateginya yakni dengan menjual 10 destinasi utama yang diprogramkan olehnya. "Kami punya 10 destinasi utama yang kami jual ke pasar mancanegara, di antaranya yang masih unggul yakni Bali, Jakarta dan Kepulauan Riau," katanya.

Pitana menjelaskan, dari ke 10 pasar tersebut kriteria berbeda-beda. "Destinasi yang dimiinati memang masih Bali, terbukti jika mereka ditanya misalnya wisatawan asal Singapura, maunya ke Bali, tetapi nyatanya mereka ke Batam. Lalu India, mereka suka Bali tetapi mereka malah pergi ke Bintan atau Medan," imbuh Pitana.