Layanan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta digratiskan Untuk Penumpang

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 September 2017 - 12:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Kereta tanpa awak atau skytrain di Bandara Soekarno-Hatta telah resmi beroperasi mulai Minggu (17/9/2017) kemarin. Dalam pengoperasian tahap pertamanya, moda transportasi kereta ringan ini hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja, yaitu pada pukul 07.00-10.00 WIB, kemudian dari pukul 13.00-14.00 WIB, serta dari pukul 17.00-19.00 WIB.

Hal tersebut dilakukan untuk mengevaluasi fasilitas tersebut serta mencatat jika masih ada kekurangan yang harus dilengkapi. "Ini akan kami terapkan sampai akhir tahun, baru bisa beroperasi secara penuh," kata Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Jumat (15/9/2017) lalu.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memastikan, layanan kereta tanpa awak atau skytrain di Bandara Soekarno-Hatta akan digratiskan.

"Penggunaan skytrain oleh penumpang pesawat atau pengunjung bandara sama sekali tidak dikenakan tambahan biaya," kata Awaluddin pada pertengahan bulan lalu.

Awaluddin menyampaikan, pihaknya merencanakan skytrain beroperasi penuh pada akhir 2017 mendatang. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub telah melakukan verifikasi dan menerbitkan sertifikat tanda lulus uji coba, dengan demikian pengoperasian skytrain tersebut sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.