Hutama Karya Gunakan BIM Garap Pelabuhan Tanjung Emas

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Mei 2018 - 12:45 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Hutama Karya (Persero) akan menggunakan metode "Building Information Modelling" atau BIM dalam menggarap proyek perkuatan dan peninggian Dermaga Samudera Pelabuhan Tanjung Emas milik PT Pelindo III (Persero) yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

"Ini adalah pertama kalinya kami menggunakan metode BIM. Metode ini memungkinkan pelaksana proyek mendapatkan informasi mengenai pembangunan proyek secara lebih akurat pada setiap siklus atau tahapan pembangunan dengan analisa dan pengendalian yang lebih baik ketimbang pengerjaan manual," kata Direktur Wilayah Timur Hutama Karya Sugeng Rochadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (24/5/2018)

Dengan menerapkan BIM, tingkat kecocokan dari tahapan desain, perencanaan dan konstruksi dapat lebih optimal karena metode itu mampu memproduksi data dan geometri dengan tingkat presisi yang lebih tinggi.

"Pada gilirannya, BIM mampu menghemat biaya dan waktu pada pelaksanaan proyek," imbuhnya.

Terkait lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan, Kepala Wilayah IV Hutama Karya Andung Damar Sasongko memaparkan bahwa pihaknya bertanggung-jawab untuk mengerjakan Sub-Struktur berbentuk Tiang Pancang Baja, pekerjaan "upper-structure" berupa "pile cap", balok, lantai, "plank fender" dan delatasi.

"Di samping struktur, kami juga akan mengerjakan berbagai fasilitas pelengkap lainnya seperti 'fender', 'bollard', 'rail crane', 'stoper crane', 'cansteen', 'junction box', 'pedestrian', serta 'ducting' pipa distribusi air ke kapal, serta fasilitas penerangan untuk lampu dan drainase dermaga," tambah Andung.

Proyek dengan total nilai kontrak sekitar Rp297 miliar itu rencananya akan selesai pada awal 2019 mendatang dan diharapkan dapat memberikan dampak bagi kelancaran kegiatan logistik di pelabuhan.

Alat angkat peti kemas (container crane) di Terminal Peti Kemas Semarang akan ada yang dipindahkan ke Terminal Samudera.

Selain itu, dermaga itu juga akan terkoneksi dengan jalur rel kereta api, sehingga pengangkutan peti kemas akan semakin lancar dan biaya logistik di Semarang bisa lebih efisien.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.