Semen Indonesia Optimalisasikan Bisnis Lewat Sinergi Informatika Semen Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 04 April 2018 - 12:32 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)
PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yakin dapat mengoptimaslisasikan transformasi bisnisnya melalui anak usahanya di bidang teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology/ICT), yakni PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI).

Manajemen SMGR memberikan dukungan penuh terhadap anak usahanya di bidang ICT tersebut dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menerapkan produk dan layanan SISI.

Keberhasilan SMGR dalam menerapkan teknologi informasi (information technology/IT) yang didukung sumber daya manusia yang mumpuni telah menjadi pondasi yang kuat bagi berdirinya SISI sehingga langkah itu akan memberikan keunggulan daya saing dibandingkan perusahaan sejenis di Indonesia.

“SISI, anak usaha Semen Indonesia, diposisikan sebagai mitra strategis PT Semen Indonesia untuk memenuhi solusi IT sekaligus pendukung transformasi bisnis Semen Indonesia,” ujar Ilmanza Restuadi Kurniawan, General Manager of ICT Strategic SMGR, di Jakarta, Rabu (04/04/2018).

Ilmaza menuturkan, SISI telah dan akan terus menjadi andalan untuk mendukung bisnis SMGR ke depan. Itu terlihat dari peran sisi dalam bisnis SMGR. Seluruh pengoperasian IT di semua pabrik semen di Padang, Tonasa, Gresik, Tuban, Rembang, Vietnam dan juga Packing Plant di seluruh Indonesia ditangani oleh SISI.

“Di samping itu, pengembangan ratusan aplikasi untuk kelancaran dan perbaikan proses bisnis hingga penerapan berbagai sistem IT dalam grup usahapun tidak luput dari peran SISI,” tukasnya.

Ilmanza mengungkapkan, kita saat ini akan memasuki era industri 4.0. Berdasaran hal tersebut, IT jelas menjadi andalan semua perusahaan yang ingin maju dan bersaing. Perusahaan jelas harus memiliki pembeda (distinction) dengan kompetitor di industri sejenis.

“Dengan penggunaan IT yang tepat, maka penyerderhanaan dan otomatisisasi bisnis perusahaan akan dapat berjalan dengan baik,” imbuh Ilmanza.

Setelah sekian lama melayani kebutuhan dan menjadi solusi terhadap masalah dan transformasi bisnis Semen Indonesia Group, tahun 2018 akan menjadi momen bagi SISI untuk dapat memberikan layanan terbaik dan mendukung peningkatan kinerja berbagai perusahaan BUMN lain dan swasta di Indonesia.

“SISI adalah anak usaha yang diproyeksikan dapat memberikan nilai yang signifikan bagi para pemegang saham perusahaan induknya. Itu sejalan dengan strategi Semen Indonesia menumbuhkan lini bisnis non-semen. SISI dengan bisnis ICT-nya dapat mauk ke sektor bisnis dan industri secara luas. Pasalnya, semua perusahaan pasti membutuhkan IT,” papar Ilmanzah.

Tak hanya menjual perangkat kebutuhan IT perusahaan, SISI terus hadir untuk menjadi mitra dan solusi transformasi bisnis perusahaan di Indonesia. Didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan berpengalaman, saat ini SISI telah dipercaya menjadi konsultan perencanaan ICT pada perusahaan besar dan BUMN Indonesia. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…