Semen Indonesia Optimalisasikan Bisnis Lewat Sinergi Informatika Semen Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 04 April 2018 - 12:32 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)
PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yakin dapat mengoptimaslisasikan transformasi bisnisnya melalui anak usahanya di bidang teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology/ICT), yakni PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI).

Manajemen SMGR memberikan dukungan penuh terhadap anak usahanya di bidang ICT tersebut dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menerapkan produk dan layanan SISI.

Keberhasilan SMGR dalam menerapkan teknologi informasi (information technology/IT) yang didukung sumber daya manusia yang mumpuni telah menjadi pondasi yang kuat bagi berdirinya SISI sehingga langkah itu akan memberikan keunggulan daya saing dibandingkan perusahaan sejenis di Indonesia.

“SISI, anak usaha Semen Indonesia, diposisikan sebagai mitra strategis PT Semen Indonesia untuk memenuhi solusi IT sekaligus pendukung transformasi bisnis Semen Indonesia,” ujar Ilmanza Restuadi Kurniawan, General Manager of ICT Strategic SMGR, di Jakarta, Rabu (04/04/2018).

Ilmaza menuturkan, SISI telah dan akan terus menjadi andalan untuk mendukung bisnis SMGR ke depan. Itu terlihat dari peran sisi dalam bisnis SMGR. Seluruh pengoperasian IT di semua pabrik semen di Padang, Tonasa, Gresik, Tuban, Rembang, Vietnam dan juga Packing Plant di seluruh Indonesia ditangani oleh SISI.

“Di samping itu, pengembangan ratusan aplikasi untuk kelancaran dan perbaikan proses bisnis hingga penerapan berbagai sistem IT dalam grup usahapun tidak luput dari peran SISI,” tukasnya.

Ilmanza mengungkapkan, kita saat ini akan memasuki era industri 4.0. Berdasaran hal tersebut, IT jelas menjadi andalan semua perusahaan yang ingin maju dan bersaing. Perusahaan jelas harus memiliki pembeda (distinction) dengan kompetitor di industri sejenis.

“Dengan penggunaan IT yang tepat, maka penyerderhanaan dan otomatisisasi bisnis perusahaan akan dapat berjalan dengan baik,” imbuh Ilmanza.

Setelah sekian lama melayani kebutuhan dan menjadi solusi terhadap masalah dan transformasi bisnis Semen Indonesia Group, tahun 2018 akan menjadi momen bagi SISI untuk dapat memberikan layanan terbaik dan mendukung peningkatan kinerja berbagai perusahaan BUMN lain dan swasta di Indonesia.

“SISI adalah anak usaha yang diproyeksikan dapat memberikan nilai yang signifikan bagi para pemegang saham perusahaan induknya. Itu sejalan dengan strategi Semen Indonesia menumbuhkan lini bisnis non-semen. SISI dengan bisnis ICT-nya dapat mauk ke sektor bisnis dan industri secara luas. Pasalnya, semua perusahaan pasti membutuhkan IT,” papar Ilmanzah.

Tak hanya menjual perangkat kebutuhan IT perusahaan, SISI terus hadir untuk menjadi mitra dan solusi transformasi bisnis perusahaan di Indonesia. Didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan berpengalaman, saat ini SISI telah dipercaya menjadi konsultan perencanaan ICT pada perusahaan besar dan BUMN Indonesia. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).