Menperin Terima Penghargaan AFEO Distinguished Honorary Fellow

Oleh : Ridwan | Senin, 20 November 2017 - 06:41 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima penganugerahan AFEO Distinguished Honorary Fellow yang diserahkan oleh Chairman Asean Federation Engineering Organization (AFEO) di Bangkok, Thailand, Sabtu (18/11).
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima penganugerahan AFEO Distinguished Honorary Fellow yang diserahkan oleh Chairman Asean Federation Engineering Organization (AFEO) di Bangkok, Thailand, Sabtu (18/11).

INDUSTRY.co.id - Bangkok, Dalam kunjungan kerjanya ke Thailand, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mendapatkan penghargaan AFEO Distinguished Honorary Felow. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Chairman ASEAN Federation of Engineer Organization (AFEO), Thanes Weerasiri di Bangkok, Thailand, akhir pekan lalu.

AFEO dimulai pada tahun 1973 dari konvensi teknik yang diadakan antara Institusi Insinyur Malaysia (IEM) dan Institusi Insinyur  Singapura (IES).

"AFEO adalah ujung tombak untuk memfasilitasi mobilitas insinyur di Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN, yaitu AFTA dengan pembentukan Register Insinyur ASEAN yaitu AER," ujar Airlangga.

Berdasarkan pengamatan Airlangga, di ASEAN mulai fokus membangun pendidikan dan pelatihan vokasi serta mengembangkan universitas sebagai sebuah pusat unggulan untuk menciptakan inovasi di sektor manufaktur. 

Hal ini diyakini akan mendorong peningkatan pada daya saing negara dan pertumbuhan perekonomian sehingga mampu membawa dampak kepada kesejahteraan masyarakat.

"Kami meyakini ASEAN pada dekade selanjutnya dapat menjadi wilayah yang memimpin menjadi future of production, dengan basis internet of everything sabagai infrastruktur utamanya," ungkapnya.

Menperin optimistis target tersebut bisa terwujud karena ASEAN memiliki potensi yang kuat untuk mencapainya, dengan keunggulan besar yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi regional yang stabil dan persentasenya lebih besar daripada pertumbuhan ekonomi dunia.    

"ASEAN didukung oleh beberapa faktor enabler lainnya, seperti populasi penduduk usia muda, kelas menengah yang tumbuh, infrastruktur digital yang berkembang, transformasi industri kecil dan menengah ke arah digital, serta konektivitas antarmanusia," tuturnya.

Lebih lanjut, Menperin melihat proses manufaktur di ASEAN semakin terhubung dengan rantai nilai dan rantai pasok di dunia serta aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan.

Selain itu, semakin banyak industri otomotif membuka pabrik di kawasan Asia Tenggara ini dan mulai mengembangkan kendaraan listrik yang menjadi peluang pasar cukup besar. 

Untuk mendukung transformasi tersebut, Airlangga menyampaikan, AFEO mempunyai peran kunci sebagai think tank untuk ASEAN yang memberikan peta jalan bagi persiapan menghadapi Industry 4.0. "Bahkan, persiapan untuk 5th revolution, di mana smart city menjadi poin utama," katanya.

Menperin memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada AFEO yang memberikan penghargaan ini. 

"Hidup sebagai insinyur merupakan proses terus menerus dan profesi seumur hidup. Penghargaan ini memotivasi saya untuk memberikan kontribusi selanjutnya bagi dunia engineering di ASEAN," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 09:11 WIB

Ketua MPR RI Publikasikan Hasil Riset Ilmiah Terkait Empat Pilar Kebangsaan di Jurnal Ketahanan Nasional UGM

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Tetap Pascasarjana Program Doktor Hukum Universitas Borobudur Bambang Soesatyo mempublikasikan hasil riset ilmiah mengenai empat…