Dengan Vaksin Nusantara Kita Pasti Bisa Melawan Covid-19

Oleh : Dar Edi Yoga | Selasa, 28 Desember 2021 - 18:07 WIB

Penlis Dar Edi Yoga dn dokterTerawan
Penlis Dar Edi Yoga dn dokterTerawan

INDUSTRY.co.id - Sebuah studi yang menguji efektivitas vaksin Sinovac melawan Covid-19 varian Omicron digelar di Hong Kong.

Para peneliti mengambil tiga dosis vaksin dari jenis Sinovac, terdiri dari dua dosis vaksin dan satu dosis booster.

Hasilnya, para peneliti menemukan tiga dosis vaksin Sinovac nyatanya tidak mampu meningkatkan sistem imun seseorang yang terpapar varian Omicron.

Menukil laporan Reuters, para peneliti menilai vaksin Covid-19 jenis Pfizer lebih ampuh membentuk sistem kekebalan terhadap varian Omicron yang disebut lebih cepat menular dibanding varian Delta.

Merujuk hasil tersebut, para peneliti merekomendasikan agar orang yang telah menerima dua dosis vaksin Sinovac menggunakan jenis vaksin lain untuk suntikan ketiga atau booster.

Dengan hasil uji di Hong Kong tersebut, seharusnya pemerintah segera memberikan izin untuk Vaksin Nusantara mengingat situasi semakin darurat. 

Kita berkejaran dengan waktu, dimana tingkat efikasi vaksin konvensional terus menurun bahkan cenderung tidak ada seperti hasil penelitian di Hongkong.

Sementara itu varian Covid-19 terus berkembang dari Delta hingga Omicron dan entah varian apalagi kedepannya. 

Dalam tahap 1 dan tahap 2, uji klinis Vaksin Nusantara besutan dr Terawan menunjukkan hasil yang sangat baik. Menurut anggota Tim Vaksin Nusantara terbukti orang yang sudah mendapat Vaksin Nusantara ketika terpapar varian Delta mampu sembuh hanya dalam tempo 4 hari.

Pasca uji klinis tahap 2, nyatanya Vaksin Nusantara efikasinya masih bertahan di 97%, hal mana tidak dimiliki vaksin konvesional lainnya.

Peneliti Utama Tim Vaksin Nusantara, Kolonel CKM dr Jonny SpPD-KGH, MKes, MM menjelaskan kepada wartawan, bahwa seseorang yang sudah menerima vaksin konvensional dosis lengkap bisa menerima Vaknus.

Menurutnya, hal itu jauh lebih bagus karena vaksin yang diberikan oleh vaksin konvensional untuk menimbulkan imunitas antibodi. Sedangkan Vaksin Nusantara yang kami berikan bertujuan menimbulkan imunitas seluler.

Saat ini Singapura juga tengah melakukan penelitian dengan menggunakan sistim sel dendritik seperti yang telah dilakukan dr. Terawan pada Vaknus.

 

Indonesia sudah melakukan tahapan uji klinis, sementara negara tetangga baru mulai melakukan penelitian seperti yang dilakukan oleh Linfa Wang, ahli virologi, yang bekerja di Duke-NUS Medical School, kolaborasi antara Duke dan National University of Singapore.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan instruksi agar Vaksin Nusantara dapat menjadi salah satu booster.  Oleh sebab itu jajaran menteri di bawah Presiden harus segera menindaklanjuti perintah itu.

Kita harus bangga dengan karya anak bangsa yang telah mencurahkan waktu, pikiran dan tenaga demi membuat masyarakat kita menjadi sehat dan kuat melalui Vaksin Nusantara.

Penulis:  Dar Edi Yoga, wartawan senior

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…