5 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Kebiasaan Gaya Hidup yang Sehat

Oleh : Kormen Barus | Senin, 27 Desember 2021 - 17:57 WIB

5 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Kebiasaan Gaya Hidup yang Sehat
5 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Kebiasaan Gaya Hidup yang Sehat

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Pandemi yang sudah berlangsung selama satu setengah tahun terakhir telah menjadi sebuah pengingat yang kuat akan pentingnya menjaga kesehatan.

Dalam survei global terbaru yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition dan The Council for Responsible Nutrition (CRN) melalui OnePoll dengan melibatkan sebanyak 13.000 orang responden, menemukan bahwa sebanyak 89% responden menyatakan bahwa mereka sedang mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Sebagai hasil dari perubahan positif yang mereka lakukan tersebut, lebih dari 50% dari responden mengatakan bahwa mereka sekarang dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah, dan 48% telah berhasil mengecilkan ukuran pinggang mereka.

Saat ini, banyak orang yang memilih untuk menjaga kesehatan mereka sendiri dengan melakukan perubahan menuju gaya hidup sehat. Dan apa pun perubahan yang dipilih dan dilakukan oleh seseorang, perjalanan menuju kebiasaan kesehatan yang lebih baik hampir selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil.

Anda ingin mengetahui langkah untuk memulai perubahan untuk peningkatan kesehatan secara holistik? Berikut adalah lima cara dari Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr. Kent Bradley agar anda dapat mulai meningkatkan kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat.

1. Makan dengan mempertimbangkan nutrisi    

Kita semua tahu bahwa meningkatkan kebiasaan gaya hidup sehat dimulai di dapur, tetapi mungkin memerlukan beberapa ide untuk menginspirasi. Saat ini, Mempelajari sebuah resep baru lebih mudah dari sebelumnya. Anda hanya tinggal menggunakan mesin pencarian dengan kata kunci yang diinginkan.

Ada ratusan situs web dan video instruksional yang menawarkan tutorial hebat, dan Anda dapat menemukan resep untuk hampir semua bahan yang sesuai dengan selera atau diet apa pun, apakah itu paleo, vegetarian, atau vegan. Dari internet anda dapat menemukan menu makanan baru yang lezat dan sehat.

2. Hindari makanan cepat saji (Junk Food)    

Selain makan makanan sehat, penting juga untuk mengurangi, atau bahkan menghilangkan makanan cepat saji atau junk food dari daftar makanan Anda. Kita terlalu sering membeli makanan ringan atau mendapati diri kita mengantre di drive-thru makanan cepat saji, saat kita belum menyiapkan makanan yang sehat, lezat, dan mengenyangkan di rumah.

Kesuksesan dalam mempersiapkan menu makan sehat dimulai dengan membuat daftar sebelum pergi berbelanja. Membuat daftar belanja akan membuat anda dapat memutuskan secara bijak apa saja yang akan dibeli di toko atau mini market.

Oleh karena itu, luangkan beberapa menit untuk merencanakan setidaknya beberapa makanan untuk seminggu ke depan, mungkin dengan merujuk beberapa ide yang dilihat dalam mesin pencarian. Deengan melakukan ini, Anda tidak hanya cenderung akan makan lebih sehat selama seminggu, tetapi Anda juga akan menghemat uang dengan menghindari membeli makanan cepat saji.

3. Mengkonsumsi vitamin atau suplemen    

Mengkonsumsi suplemen harian dapat membantu memastikan asupan nutrisi lengkap. Suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi sepanjang tahun dan beberapa suplemen dapat mendukung kekebalan tubuh Anda.

Suplemen juga dapat mendukung gaya hidup anda. Dengan mengkonsumi sebelum melakukan aktivitas olahraga untuk membantu mencapai rekor pribadi. Selain itu dengan mendapatkan cukup protein dapat memperbaiki otot setelah sesi angkat berat, atau hanya mencari untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berdasar hasil survei, banyak responden berencana untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan suplemen ke dalam makanan mereka dan hanya 69% responden yang merasa memiliki pengetahuan tentang manfaat kesehatan yang dihasilkan oleh vitamin dan suplemen. Akan tetapi, 77% responden menyampaikan juga bahwa mereka ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat kesehatan dari vitamin dan suplemen untuk dikombinasikan ke dalam gaya hidup sehat mereka.      

4. Rutin berolahraga

Memulai rutinitas kebugaran atau aktivitas olahraga pada saat ini mungkin masih menakutkan. Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung aktivitas kebugaran. Situs streaming gratis seperti HerbalifeNutritionFitness.com dapat memberikan latihan dan tips untuk membantu menjaga latihan dengan tetap menyenangkan dan aman sehingga dapat menghindari cedera dan tetap konsisten.

Berikutnya, pertimbangkan untuk bergabung dengan grup lari atau jalan kaki di luar ruangan. Dengan bergabung suatu grup, Anda tidak hanya akan bertemu orang baru saja tetapi berolahraga dengan teman atau orang yang berpikiran sama akan membantu Anda  tetap bertanggung jawab dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.

Yang paling penting, apapun yang Anda ingin lakukan, pilih aktivitas yang disukai dan menyenangkan sehingga Anda dapat konsisten untuk melakukannya.

5. Prioritaskan tidur    

Jadwal tidur memainkan peran besar dalam pemeliharaan berat badan dan mental alertness. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan gaya hidup sehat Anda.

Di sisi lain, mendapatkan lama tidur yang tepat yaitu yang didefinisikan para ahli antara 7-9 jam semalam, dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori ekstra itu sepanjang hari.

“Dimana pun posisi Anda berada dalam perjalanan pemeliharaan kesehatan dan kebugaran Anda saat ini, ketahuilah bahwa melakukan perbaikan gaya hidup sehat selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil. Terlepas apakah saat ini Anda telah memutuskan untuk membuat perubahan melalui pilihan pola diet, pilihan olahraga, atau pengaturan menu makanan, pemberian suplemen dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Jika anda membutuhkan lebih banyak informasi mengenai bagaimana vitamin dan suplemen dapat membantu kebutuhan Anda, Anda dapat menghubungi atau berkonsultansi dengan ahli yang Anda kenal,” tutup Dr. Kent.

Herbalife Nutrition adalah perusahaan global yang telah mengubah kehidupan masyarakat dengan produk nutrisi dan peluang bisnis yang terbukti bagi distributor independennya sejak tahun 1980. Perusahaan menawarkan produk berkualitas tinggi yang didukung oleh ilmu pengetahuan, dijual di lebih dari 90 negara oleh distributor sekaligus wirausaha yang juga menyediakan pendampingan pada komunitas serta menginspirasi pelanggan mereka untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dan lebih aktif. Melalui kampanye global Perusahaan untuk memberantas kelaparan, Herbalife Nutrition juga berkomitmen untuk menghadirkan nutrisi dan pendidikan kepada masyarakat di seluruh dunia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.