Catat, Ini 5 Nama Alat Gym Beserta Fungsinya yang Harus Diketahui!

Oleh : Hariyanto | Jumat, 24 Desember 2021 - 12:37 WIB

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejatinya, alat gym atau alat fitness memiliki banyak nama dan fungsinya tersendiri. Nama alat gym ini biasanya disesuaikan dengan manfaat dan kebutuhan tubuh masing-masing. 

Bagi Anda yang baru saja tertarik memasuki dunia fitness, mungkin Anda akan merasa bingung dan tidak tahu alat gym apa saja yang harus digunakan. Nah, agar Anda tidak bingung lagi, berikut ini beberapa nama alat gym penting dan fungsinya yang harus Anda ketahui sebelum memulai berolahraga. Apa saja? Simal penjelasannya berikut ini! 

1. Rowing machine

Rowing machine merupakan nama alat gym yang dirancang untuk mesin kardiovaskular dengan teknologi canggih. Alat satu ini memberikan latihan pada bagian atas tubuh untuk membakar kalori, membentuk, dan melindungi punggung.

Agar bisa menggunakan rowing machine Anda harus mendorong dan mendayungnya menggunakan kaki. Mesin ini tidak disarankan untuk orang yang tidak fit dan jarang berolahraga. 

2. Barbell

Barbell menjadi salah satu nama alat gym yang cukup populer dari alat gym lainnya. Alat ini biasanya memiliki ukuran 1,2 - 2,1 meter dengan berat 45lb atau 2o kilogram. 
Barbell digunakan untuk latihan angkat beban dan membentuk otot tangan. Alat gym ini memiliki fungsi untuk melatih otot dada, kaki, bahu, dan otot punggung. 

3. Treadmill
 
Nama alat gym berikutnya yang sering digunakan oleh banyak orang adalah treadmill. Ini merupakan alat fitness yang membakar banyak kalori sekitar 100 kalori yang dinilai setara dengan 1,5 km jalan cepat. 

Alat fitnes ini memiliki fungsi untuk melatih keseimbangan tubuh, meningkatkan kebugaran, dan mampu menurunkan berat badan. Terlebih lagi, saat ini treadmill juga bisa dijadikan sebagai alat fitnes rumahan. 

4. Bench

Bench merupakan nama alat gym yang memiliki tempat duduk fleksibel dan menjadi favorit banyak orang di tempat gym. Bench memiliki manfaat untuk melatih otot bahu, otot dada, dan otot tubuh lainnya. 

Alat gym ini biasanya terdiri dari 3 jenis yang bisa digunakan, yaitu flat banch, decline bench, dan incline bench. Berbagai jenis bench dapat digunakan dan diatur sesuai dengan tujuan latihan Anda.

5. Lat pulldown machine

Nama alat gym selanjutnya yang banyak tersedia di tempat gym adalah lat pulldown machine. Alat ini digunakan untuk melatih dan memperkuat otot bahu, tangan, serta punggung.

Untuk bisa menggunakannya, Anda harus menarik gagangnya ke bawah dengan posisi punggung dan siku tetap lurus. 

Itulah beragam nama alat gym dan fungsinya yang wajib Anda ketahui. Setiap alat gym tentu memiliki fungsi dan cara menggunakannya pun berbeda.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin membeli alat gym untuk di rumah, Anda bisa membelinya secara online di Shopee. Apalagi, saat ini Shopee mengadakan promo belanja New Year Sale yang berlangsung sampai 2 Januari 2022 mendatang. Tentu ada banyak promo dan diskon menarik yang bisa Anda manfaatkan.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan sistem pembayaran Shopee Cash On Delivery atau Shopee COD. Sistem pembayaran satu ini bisa Anda gunakan di berbagai provinsi Indonesia, seperti pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Tak lupa ada promo COD yang bisa dimanfaatkan, yaitu gratis ongkir setiap hari, diskon 20RB, dan gratis pengembalian. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…