Menperin Agus: Investasi Industri Halal RI Tertinggi di Dunia

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 18 Desember 2021 - 08:59 WIB

Menperin Agus
Menperin Agus

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan sebuah kabar baik dimana perkembangan industri halal nasional dalam dua tahun terakhir cukup membanggakan. 

Hal itu menurutnya dapat terlihat dari data yang dirilis oleh State of the Global Islamic Economy Report 2020-2021, dimana Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-4 untuk sektor halal food atau naik 8 peringkat dari peringkat sebelumnya. 

Tak hanya itu, di sektor halal pharmaceutical & cosmetics, Indonesia naik 19 peringkat ke peringkat ke-6 dunia. 

Sementara di sektor media dan rekreasi, peringkat Indonesia juga meningkat dari posisi 52 ke posisi 5 peringkat dunia. 

Adapun di sektor modest fashion muslim, Indonesia saat ini di peringkat ke-3 dunia. 

"Dari sisi investasi, investasi industri halal nasional merupakan yang tertinggi di dunia," ujar Menperin Agus dalam puncak acara Indonesia Halal Industry Award 2021 yang turut dihadiri langsung oleh Wapres Maruf Amin, di Jakarta Jumat sore  (17/12/2021).

Di Indonesia, lanjut Menperin, pada kurun waktu tiga tahun terakhir atau tahun 2018 hingga 2021, tercatat ada 80 transaksi dalam bentuk M&A (Merger & Accuisition), Private Equity (PE), dan Venture Capital (VC) terkait dengan industri halal. 

Transaksi tersebut tersebar di setiap sektor, di mana paling besar terjadi di sektor halal food dan keuangan syariah.

"Capaian-capaian ini tentu menjadi penambah semangat kita semua untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan kinerja industri halal nasional sehingga kita bisa menguasai pasar halal dunia," tandasnya.

Namun demikian, saat ini, menurut Menperin, ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus di lakukan, terutama dalam mengejar visi menjadikan Indonesia sebagai top global halal exporter.

Pasalnya, peringkat global halal exporter teratas saat ini justru masih diduduki oleh negara-negara minoritas muslim, seperti India, Amerika, dan Brasil. 

"Karena itu, akselerasi sangat diperlukan agar kita bisa segera bertransformasi dari top consumer market ke top halal exporter," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.