Tingkatkan Softskill di Bidang Jurnalistik, Elnusa Petrofin Gelar Petrofin Journalist Academy di SMAN 17 Makassar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 Desember 2021 - 14:16 WIB

 Elnusa Petrofin Gelar Petrofin Journalist Academy di SMAN 17 Makassar
Elnusa Petrofin Gelar Petrofin Journalist Academy di SMAN 17 Makassar

INDUSTRY.co.id - Makassar – Dalam upaya edukasi dan meningkatkan softskill siswa siswi ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Khususnya mengenai ilmu jurnalistik serta pengenalan profesi Jurnalis, PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Petrofin Journalist Academy 2021. Dimana kegiatan ini bekerjasama dengan media Tribun Timur pada Kamis (16/12/2021).

SMA 17 Makassar dipilih menjadi lokasi pertama kegiatan edukatif. Digelar secara hybrid yang diikuti 40 siswa secara tatap muka. Serta ratusan peserta lainnya secara daring melalui zoom meeting. 

Head of Corporate Communication PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo menyampaikan kegiatan ini merupakan perwujudan Corporate Social Responsibility (CSR) Elnusa Petrofin. Melalui Pilar Petrofin Pintar, berupa pelatihan jurnalistik dalam menciptakan jurnalis dikalangan Siswa SMA/ Millennial yang kompeten dan profesional.

“Dalam melaksanakan kegiatan CSR ini, kami bekerja sama dengan media lokal yakni Tribun Timur yang tentunya para siswa SMA akan memperoleh materi dari narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam jurnalistik.”, ungkap Arsa.

Dengan diselenggarakannya Petrofin Journalist Academy ini, Putiarsa berharap dapat meningkatkan wawasan siswa-siswi SMA di bidang jurnalistik. Sehingga mereka dapat menyusun narasi pemberitaan maupun mengkomunikasikan gagasan dalam narasi dan visual yang layak dan berkualitas. Serta dapat diaplikasikan secara nyata di kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur, Ronal Ngantung menjelaskan perkembangan media massa saat ini telah mengalami perkembangan akibat digitalisasi sehingga masyarakat beralih ke virtual dan sosial media, termasuk generasi muda sebagai pembaca.

Ronal menuturkan melalui kolaborasi bersama Elnusa Petrofin, membantu fungsi dan tugas media yang mana berperan mencerdaskan generasi muda. Dengan memberikan kelas-kelas pelatihan ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan skill mereka. 

Kepala Sekolah SMA Negeri 17 Makassar, Drs. H. Nasrullah mengucapkan terimakasih kepada PT Elnusa Petrofin  serta Tribun Timur atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Dimana SMAN 17 menjadi lokasi pertama program CSR Petrofin Journalist Academy . Ia menjelaskan, pelatihan jurnalistik tersebut sebagai media pembelajaran yang baru bagi siswanya.

“Sisi pendidikan praktis sekarang menjadi paradigma yang didengungkan oleh Menteri. Semoga pelatihan ini menambah soft skill bagi siswa kami sebagai wadah pembelajaran untuk pengembangan minat bakat siswa dalam dunia jurnalistik.” tuturnya.

Dalam kelas Jurnalistik, para siswa diberikan edukasi oleh Tim Tribun Timur mengenai pengetahuan dasar jurnalistik. Kemudian dilanjutkan dengan teknik pengambilan fotografi yang memiliki nilai berita. Kegiatan pelatihan tersebut juga diselingi diskusi dalam hal teknik menulis berita. 

Juga bagaimana menentukan judul suatu berita serta beberapa games menarik untuk mengasah kreativitas peserta.

Kedepannya, Program CSR Petrofin Journalist Academy ini akan digelar di beberapa wilayah lainnya terutama daerah yang menjadi lokasi bisnis dan operasional Elnusa Petrofin.
Sebagai penutup di akhir kelas, siswa-siswi diberikan materi mengenai pengenalan bisnis Elnusa Petrofin.

Dengan berbagai tanggung jawab sosial yang telah dilakukan melalui aksi Petrofin Peduli kepada masyarakat di sekitar operasi perusahaan yang  tersebar di seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…