Simak! Ini 5 Tips Mencegah Agar Rak Besi Tidak Mudah Berkarat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 Desember 2021 - 20:06 WIB

Ilustrasi rak besi
Ilustrasi rak besi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rak besi yang terbuat dari logam memang memiliki daya tarik tersendiri karena bisa menambah estetika ruangan. Sayangnya, material ini rentan terhadap karat. Untuk itulah, Anda perlu merawatnya dengan benar. Lalu, bagaimana caranya? Simak berikut ini.

1. Perhatikan suhu ruangan penyimpanan

Salah satu penyebab utama besi berkarat adalah suhu dan kelembaban yang tinggi dalam ruangan tersebut. Korosi yang terjadi karena oksigen dan terkena air menyebabkan besi mudah berkarat.  Untuk itu, hindari meletakan rak besi pada ruangan yang memiliki suhu ruang 20-23 celcius, serta jauhkan dari tempat yang lembap.

2. Melapisi rak  dengan cat khusus

Cara berikutnya melindungi rak besi dari korosi adalah dengan melapisi lemari menggunakan cat dan polimer. Namun, pastikan Anda menggunakan cat khusus dan memperhatikan teknik pengecatan yang tepat. Anda bisa menggunakan powder coating agar rak lebih awet dan cat tidak cepat mengelupas.

3. Letakkan di tempat kering

Agar furnitur  dari bahan besi tidak mudah berkarat, pastikan Anda meletakkannya di tempat yang kering dan tidak terkena air. Anda bisa menggunakannya sebagai perabot rumah tangga di dalam ruang keluarga. Selain itu, hindari meletakkan rak di dalam kamar mandi karena justru bisa membuatnya lebih mudah berkarat.

4. Rajin membersihkan lemari

Salah satu perawatan wajib yang harus diberikan terhadap rak besi adalah membersihkannya secara rutin. Anda bisa mengelap permukaan lemari tersebut dua hari sekali agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Saat membersihkannya, lebih baik gunakan kain microfiber ketimbang lap basah untuk mencegah pengeroposan akibat interaksi dengan air.

5. Memperhatikan kualitas produk

Kualitas produk merupakan faktor utama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah produk. Hindari membeli rak dengan harga yang murah, tetapi tidak memperhatikan bahan yang digunakannya. Selain itu, pastikan Anda menggunakan rak sesuai dengan kapasitasnya agar lebih tahan lama.

Itu dia cara mudah agar rak besi lebih tahan lama. Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai rak besi terbaik dan berkualitas hanya melalui Ruparupa.com. Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga, mulai dari jual rak, lemari, hingga peralatan masak. Dapatkan juga promo menarik dengan belanja di sini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…